Orang Belgia Bangun `Taman Indonesia`

Denpasar, Bali - Menteri Kebudayaan dan Pariwista Jero Wacik mengemukakan, seorang kaya di Belgia telah membangun "Taman Indonesia" di Brussel karena kecintaannya pada keindahan alam dan budaya Indonesia. "Saya baru datang dari Brussel meresmikan taman seluas 53 hektar yang di dalamnya berisi kekayaan alam dan budaya Indonesia," kata Jero Wacik pada acara penandatanganan prasasti Hotel Holiday Inn Baruna, di Denpasar, Bali, Senin (25/5). Ia menjelaskan, taman itu berisi pura, tiruan Candi Borobudur, rumah khas Toraja dan lainnya, sesuai pengalaman orang tersebut saat berada di Indonesia.

Pada peresmian yang dihadiri sekitar 1.000 undangan dari seluruh Eropa itu, pemilik taman mengaku betapa ia sangat mencintai Indonesia karena toleransinya yang sangat tinggi, meskipun berbeda keyakinan dan suku. "Orang kaya itu berterimakasih pada ayah dan ibunya karena telah mengajaknya ke Bali saat berusia 17 tahun. Ia kagum pada Bali karena pulau kecil dengan mayoritas penduduknya penganut Hindu bisa toleran. Padahal pulau itu berada di negara yang mayoritas pemeluk Islam, tapi semuanya akur dan toleran," ujarnya.

Saat pertama ke Bali, orang kaya itu bercita-cita ingin mengabadikan Indonesia dalam satu taman yang ternyata kemudian tercapai dan terus menambah koleksinya tentang Indonesia, termasuk akan mendatangkan dua gajah Indonesia. "Tentunya semua sesuai dengan perizinan. Dia juga mendatangkan batu dari Indonesia untuk membuat tiruan Candi Borobudur. Dia juga membawa tukang ukir dari Indonesia," katanya. (antara)

Sumber: http://www.antara.co.id 27 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts