Pagelaran Seni untuk Menggali Kebudayaan Daerah

Ketapang, Kalbar – Dalam Pagelaran Kesenian Gambus dan Jepin yang diadakan di Desa Padang, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Sabtu (9/5) malam, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Jamiat A. Latif, mengatakan, kebudayaan lahir dari usaha manusia dalam mempertahankan atau meningkatkan dirinya menghadapi semua aspek dalam kehidupan. “Perkembangan kebudayaan terjadi akibat dari hasil inovasi maupun akulturasi,” kata Jamiat.

Lebih lanjut Jamiat mengatakan, dalam sejarah kemanusiaan banyak contoh yang menunjukkan bahwa timbul tenggelamnya kebudayaan sangat dipengaruhi oleh apa yang terjadi dalam pertemuan antarbudaya, yaitu sejauh mana satu di antara pihak yang saling bertemu. ”Kurang atau tidak lagi mamiliki ketahanan budaya,” lanjut Jamiat.

Dia menuturkan, manusia adalah satu-satunya mahkluk yang berbudaya. Kebudayaan yang integritas di dalam masyarakat yang berkaitan dengan nilai, perilaku, dan kepercayaan. Dalam perjalanan sejarah manusia, kebudayaan inilah yang membedakan antarmanusia dengan komunitas yang satu dengan yang lainnya. Dia berharap kepada pengelola agar dapat menggali, mengembangkan, melestarikan dan menyalurkan bakat seni serta memotivasi agar dapat berolah seni dan berkesenian.

Ia menuturkan, kegiatan pagelaran seni budaya daerah ini dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan kebudayaan daerah yang sudah jarang muncul. Juga demi mempererat tali silaturahmi dan menyatukan persepsi mengenai kebudayaan di samping pula untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada pengelola kesenian.

Pagelaran kesenian ini menampilkan kesenian orkes gambus Al Azhar dan 2 tarian jepin anak-anak dan remaja serta syair bernuansa Tanah Kayong, disaksikan juga para kepala desa se-Kecamatan Benua Kayong. Dengan diadakannya even ini, diharapkan dapat menambah khasanah kebudayaan Kabupaten Ketapang, apalagi dalam upaya mensukseskan Visit Kalbar 2010. (ndi)

Sumber: http://www.pontianakpost.com 12 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts