Panganan khas Betawi di Medan

Medan, Sumatra Utara - Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang ke-38 kali ini tidak hanya mempromosikan produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) dan beragam kebudayaan, melainkan ragam makanan khas pun dipamerkan di sana.

Seperti halnya panganan khas Betawi, seperti kerak telor. Makanan yang paling digemari oleh masyarakat Jakarta ini dapat dinikmati oleh masyarakat Sumut khususnya Kota Medan di PRSU Jalan Gatot Subroto, Tapian Daya Medan.

"Jarang-jarang ada makanan seperti kerak telor ini, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba apa rasanya, ternyata lumayan enak juga," ujar Nova, pengunjung PRSU, tadi malam, seraya menyatakan awalnya mereka hanya mendengar makanan itu dari temannya yang pulang dari Jakarta.

Baru sekitar tiga hari menggelar pameran di PRSU, stand kerak telor ini langsung `diserbu` pengunjung. "Sebelumnya kita dari Jakarta mendengar di Medan ada pagelaran PRSU membuatnya tertarik untuk berjualan," ujar Mamad dan Ozi, pedagang kerak telor itu.

Pedagang itu mengaku sebelumnya pernah hadir di kota-kota besar lainnya seperti Palembang dan Jakarta pada acara yang serupa dengan Pekan Raya Sumatera Utara tersebut, informasi itu berasal dari pihak pariwisata.

Mamad menjelaskan, kerak telor merupakan makanan khas dari Betawi dengan bahan baku: telur, kelapa, ubi dan beras ketan. Kemudian, untuk menambah cita rasa, dirinya menaburkan bawang goring di atas kerak telor yang sudah matang.

"Ternyata sambutan warga Sumut khususnya Medan cukup baik," ujarnya. (put/wsp)

Sumber: http://www.waspada.co.id (1 April 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts