Pembangunan Kebun Raya Samosir Direstui Presiden

Samosir, Sumatra Utara - Presiden RI mengeluarkan Instruksi Presiden No 3 Tahun 2009 tentang pengembangan infrastrukur istana kepresidenan, kebun raya, dan cagar budaya tertentu. Dalam perinciannya, kebun raya Samosir termasuk di dalamnya. Inpres itu diinstruksikan kepada Mensesneg, Menteri PU, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, serta Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk meningkatkan fungsi sektor-sektor yang disebutkan di atas.

Isi Inpres itu antara lain agar melakukan koordinasi dalam rangka penyelesaian rencana dan program pengembangan infrastruktur Kebun Raya. Menteri PU diminta mempertanggungjawabkan hasil pembangunan infrastruktur. Mensesneg, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, serta Kepala LIPI diminta untuk melakukan pemeliharaan Kebun Raya.

Saat mengunjungi lokasi kebun Raya Samosir, Sabtu (6/6), Sekretaris LIPI Prof Dr Rochadi Abdul Hadi mengatakan lokasi Kebun Raya Samosir sangat cocok untuk kebun raya dataran tinggi. Kebun Raya Samosir dikonsep untuk penelitian, konservasi, perlindungan dan tujuan wisata. Kebun Raya ini akan menjadi Kebun Raya ke 20 di Indonesia dengan luas 100 ha. Di kebun raya akan ditanami berbagai spesies tanaman termasuk spesies tanaman asli Samosir.

Master Plan dan rencana detailnya sudah selesai dan pembangunan fisik akan dimulai tahun 2010, papar Rochadi. Dia menjelaskan pembangunan kebun raya butuh waktu yang cukup lama dengan waktu tidak terbatas. Dia mencontohkan, Kebun Raya Bogor sudah 192 tahun tetapi belum dapat dikatakan sempurna.

Kepala UPT Balai Konservasi Kebun raya Bogor, Mustaid Siregar, mengakui kebun raya Samosir akan menjadi kebun raya terindah di Indonesia. Hal itu didukung dengan posisi yang menyajikan pemandangan ke Danau Toba. Asisten I Pemerintahan Samosir Ombang Siboro yang mendampingi tim LIPI ke lokasi Kebun Raya, mengatakan Pemkab Samosir sejauh ini sudah mencoba membuka akses jalan menuju lokasi kebun raya. Kedepan, setelah kebun raya itu dibangun diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian rakyat, termasuk mewujudkan visi Samosir menjadi Kabupaten Pariwisata 2010.

Sebelum tim LIPI bersama Asisten I, Asisten II Kampu Manik, Asisten III Subandrio Parhusip dan beberapa pimpinan SKPD menuju lokasi Kebun Raya Samosir di Dusun Sosor Tolong Desa Tomok Kecamatan Simanindo Samosir, terlebih dahulu diadakan pertemuan singkat dengan wakil Bupati Samosir Ober Sihol Sagala SE MM. (T12/p)

Sumber: http://hariansib.com 12 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts