Pembenahan Pariwisata Belitung

Tanjungpandan, Bangka Belitung - Pengembangan pariwisata Kabupaten Belitung tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung. Lebih dari itu, pariwisata akan berkembang pesat jika semua pihak ikut mendukung. Jaringan pariwisata yang kuat juga sangat diperlukan. Investor harus ikut dilibatkan, misalnya dalam bidang infrastruktur pariwisata. Pengembangan pariwisata juga berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM).

Pelatihan kepariwisataan sangat perlu dilakukan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan profesionalitas orang-orang yang bergelut dengan pariwisata. “Promosi juga perlu, promosi keluar, mendatangkan orang ke Belitung untuk berwisata. Rencananya kita juga akan ikut Gebyar Wisata di Jakarta,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, Sumardi di Tanjungpandan, Senin (1/6).

Lebih lanjut, kata Sumardi, Kabupaten Belitung masih menjual wisata Pantai Tanjungtinggi, Tanjungkelayang dan Tanjungpendam. Sedangkan wisata bahari seperti diving (selam) belum terekplorasi optimal. “Padahal wisata bahari sangat menjanjikan. Sebut saja keindahan warna warni coral di perairan Pulau Lengkuas, atau kapal tenggelam yang sudah sejak lama menjadi terumbu karang,” katanya.

Sebab itu pada saat Sail Indonesia nanti akan dijual paket wisata, antara lain menanam terumbu karang. Harapannya, wisatawan luar negeri atau peserta Sail Indonesia yang ikut menanam terumbu karang itu suatu saat nanti kembali lagi ke Belitung untuk melihat apa yang pernah ia tanam di perairan Belitung.

Fokus lain yang akan dikembangkan pada tahun 2009 adalah pengembangan wisata Batu Mentas yang masih termasuk dalam kawasan Gunung Tajam. Menurut Sumardi, beberapa jenis wisata bisa dipadukan di wisata Batu Mentas ini seperti wisata religi, wisata konservasi, wisata alam, wisata agro, serta arena outbond.

“Harapan ke depan, pariwisata makin berkembang. Pariwisata kalau sudah jadi, akan menjadi sumber PAD yang tidak akan habis, justru makin berkembang. Kita berharap semua pihak bisa mendukung. Sebab kalau pariwisata berkembang semua aspek juga berkembang sehingga perekonomian juga bangkit,” kata Sumardi.

Sumardi juga berharap ada even nasional maupun internasional yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Belitung. Namun yang paling penting masyarakat dan pelaku wisata berperan memelihara obyek wisata dan kebersihan obyek wisata. (vid/h4)

Sumber: http://www.posbelitung.com 5 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts