Pemkot Makassar Harap Kunjungan Wisman Meningkat

Makassar, Sulsel – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Makassar berharap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Makassar meningkat.

Harapan ini menyusul datangnya 12 jurnalis Malaysia dalam rangka famtrip kebudayaan di Makassar selama tiga hari. Kepala Disbudpar Makassar Rusmayani Madjid bahkan berharap kunjungan 12 jurnalis Malaysia tersebut bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asal Negeri Jiran tersebut ke Makassar. Sejauh ini kunjungan wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Makassar hingga Oktober 2010 mencapai 3 jutaan orang. Jumlah ini hampir sama dengan kunjungan balasan warga Makassar ke Malaysia sebanyak 2,3 juta orang. Dalam kunjungan tersebut, wisman Malaysia banyak mendatangi objek wisata dan taman budaya yang ada di Kota Anging Mammiri ini.

Dia mengharapkan kunjungan para wartawan tersebut bisa memberikan informasi yang mampu memancing minat masyarakat Malaysia mengunjungi Makassar. Apalagi saat ini ada penerbangan langsung Makassar-Kuala Lumpur sebanyak empat kali seminggu menggunakan Air Asia. “Saya berharap objek wisata dan keramahan masyarakat Makassar bisa menjadi daya tarik para jurnalis Malaysia itu untuk membuat liputan yang dapat menarik minat masyarakat di negara seberang berkunjung ke daerah ini,”tandasnya. Harapan itu diutarakan Rusmayani karena pada 2011 ada sekitar 70 agenda kegiatan kebudayaan yang akan digelar khusus menyambut wisatawan asing. Termasuk program Visit Makassar 2011 yang sudah diluncurkan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sebanyak 12 jurnalis Malaysia tersebut bisa menjadi kunci peningkatan jumlah wisatawan Malaysia ke Makassar. Hal itu akan menjadi kenyataan apabila para jurnalis tersebut memberikan kesan bagus selama di Makassar, akan tetapi, sebaliknya bisa saja terjadi. Karena itu, Lingkar Penulis Pariwisata (LPP) Makassar akan membalas kunjungan tersebut untuk memberi kesan penghargaan kepada mereka. “Kami media di Makassar menganggap kunjungan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan teman-teman jurnalis di Malaysia yang peduli terhadap nilai budaya dan objek pariwisata di Makassar.

Karena itu, untuk membalas kunjungan ini kami juga akan melakukan kunjungan balasan,” tandas Furqon Madjid, juru bicara LPP Makassar. (SI-rahmat hardiansya)

-

Arsip Blog

Recent Posts