Pentas Budaya Begawi Bandar Lampung Digelar

Bandar Lampung - Dalam rangka Visit Lampung Year 2009 sekaligus memeriahkan HUT ke-327 Kota Bandar Lampung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota menggelar Begawi Bandar Lampung dengan menampilkan pertunjukan kesenian dan budaya Lampung. Penyelenggaraan Begawi Bandar Lampung yang akan dibuka pada 20 Juni mendatang bertujuan menampilkan kembali seni budaya adat Lampung yang kini mulai hilang di tengah kehidupan masyarakat.

Kabid Sarana dan Jasa Usaha Pariwisata Disbudpar Bandar Lampung Ferry Yusticia, Selasa (16/6), mengatakan, Begawi Bandar Lampung ini selain memeriahkan HUT Bandar Lampung juga menjadi sarana promosi budaya Lampung. Pergelaran budaya yang ditampilkan di antaranya atraksi seni dan budaya, lomba lagu pop daerah Lampung, lomba tari dan musik tradisional Lampung, lomba kuliner khas Lampung, termasuk juga pemilihan muli mekhanai Lampung.

Meski baru akan dibuka pada 20 Juni mendatang, pergelaran pemilihan muli mekhanai Kota Bandar Lampung sudah dimulai sejak Senin (15/6) lalu. Dari sekitar 70 pendaftar, hanya 48 peserta yang memastikan ajang pemilihan ini. "Jumlah peserta mekhanai mencapai 22 orang, sedangkan untuk muli-nya sebanyak 26 orang. Mereka bukan hanya wakil dari masing-masing kecamatan, melainkan juga dari universitas dan masyarakat umum," kata Hellina Evirina, koordinator pelaksanaan pemilihan muli mekhanai. Malam puncak pemilihan muli mekhanai akan dilakukan pada Jumat (23/6), bersamaan dengan penutupan acara Begawi Bandar Lampung.

Kabag Humas PDE Zainuddin menambahkan Begawi Bandar Lampung ini sudah masuk kalender pariwisata tingkat nasional. Rencananya acara pembukaan dihadiri dirjen pariwisata. Tema yang diambil adalah “Kenali Budayaku, Cintai Kotaku”.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga digelar Bandar Lampung Expo di lapangan parkir Saburai, Enggal, sejak 20--25 Juni. Tujuan dari expo ini, kata Zainuddin, selain dalam rangka memeriahkan HUT Bandar Lampung, juga sebagai sarana visualisasi program dan capaian pembangunan yang dilakukan Pemkot, setidaknya dalam satu tahun terakhir. Kegiatan ini juga sebagai sarana hiburan masyarakat, informasi kepada masyarakat tentang pelayanan satuan kerja di lingkungan Pemkot setempat, serta memberikan kesempatan berusaha bagi pelaku usaha. n TRI

Sumber: http://www.lampungpost.com 17 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts