Peserta Kemah Budaya Serumpun Tukar Wawasan

Sambas, Kalbar - Kegiatan peserta Kemah Budaya Serumpun (KBS) Indonesia - Malaysia - Brunei Darussalam yang berlangsung selama sepekan, di antaranya Gelar Ajar yang digelar guna saling bertukar wawasan.

Kepala Bagian Humas, PDE dan Sandi Setda Kabupaten Sambas, Zulkifli, di Sambas, mengatakan Gelar Ajar diikuti para pendamping seluruh kontingen Pramuka maupun Pengakap dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

"Gelar ajar untuk materi perkenalan diisi oleh pendamping dari Pengakap Brunei Darussalam, Dato` Othman Durani," kata Zulkifli.

Panitia Gelar Ajar mengakrabkan suasana membentuk kelompok kecil untuk saling berkenalan antarsesama peserta. Lagu Di sini Senang" dan "Cabuk-cabuk" dari Brunei Darussalam menjadi pencair suasana dan semakin menambah keakraban peserta.

Dia menambahkan, tidak hanya masalah kepanduan, ajang Gelar Ajar terutama sesi dialog dimanfaatkan saling tukar-menukar informasi dan wawasan seputar visi misi dan program kepanduan hingga masalah sosialitas di masing-masing negara.

"Ada peserta yang tertarik dengan istilah Pengakap pada Pramuka Malaysia dan Brunei Darussalam," katanya.

Salah satu peserta Pramuka, Robi menyatakan, Gelar Ajar sangat bermanfaat. Karena sasaran dan tujuan kegiatan itu adalah membangun kebersamaan dan saling tukar-menukar wawasan. Terjadi sesi dialog antara peserta dan penyaji materi perkenalan.

-

Arsip Blog

Recent Posts