Potensi Wisata Belitung Timur Sangat Menjanjikan

Belitung Timur - Potensi wisata Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mempunyai prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan. Daerah ini memiliki sejumlah obyek wisata pantai yang indah dan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Keberadaan seni dan budaya daerah tidak lepas dalam pengembangan bidang pariwisata yang tidak kalah pentingnya sehingga seni dan budaya harus terus dilestarikan dan dikembangkan guna menunjang pengembangan pariwisata.

Demikian diungkapkan Asisten II Setda Kabupaten Beltim, Erwandi A Rani, saat membacakan sambutan Bupati Beltim dalam pembukaan Pergelaran Seni dan Budaya Daerah 2009 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim di pelataran Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Jumat (17/4).

Erwandi menuturkan, dalam mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya daerah merupakan tugas bersama di samping tugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim sebagai leading sektor bidang pariwisata. “Apresiasi dan penghargaan saya sampaikan bagi dinas kebudayaan dan pariwisata, yang telah merencanakan dan melaksanakan pergelaran seni dan budaya daerah. Karena menurut saya, dengan kegiatan seperti ini diharapkan seni dan budaya daerah Beltim dapat tergali, dilestarikan dan dikembangkan. Harapan kita semua, melalui kegiatan ini objek wisata dan potensi wisata di Kabupaten Beltim dapat dipromosikan sehingga dapat lebih dikenal,” ujarnya.

Untuk mendukung program Gerbang Emas Visit Babel Archipalego 2010, menurut Erwandi, kegiatan seperti ini sangat strategis. Di samping itu diharapkan adanya inovasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan bidang pariwisata di Beltim. Untuk membangun bidang pariwisata di Beltim, menurutnya, yang diperlu diperhatikan di antaranya menginventarisir potensi-potensi wisata, penyusunan dan pembuatan program yang efektif dan efisien, pelaksanaan program dan promosi. “Tidak kalah penting membangun kultur masyarakat yang siap mendukung dalam pengembangan keparisiwataan, seperti sikap dan perilaku yang ramah kepada para wisatawan yang datang,” pungkas Erwadi.

Ketua Panitia Pelaksana, Zikril, mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut sebagai upaya menggali, menggalakkan serta meningkatkan dan memelihara keragaman potensi kesenian daerah, sehingga akan terus bertahan dari generasi ke generasi, serta tetap memberikan apresiasi terhadap pelaku seni dan budaya di daerah.

Pelaksanaan pergelaran kesenian daerah berlangsung hingga Senin (20/4), dengan perlombaan musik dan tari daerah, vokal grup lagu daerah dan hadra, dengan jumlah 40 peserta dari berbagai sanggar kesenian di Kabupaten Beltim. (bev)

Sumber: http://www.bangkapos.com 20 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts