Promosi Erau 2009 Sampai ke Bali

Tenggarong, Kaltim - Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) promosikan pesta adat dan budaya Erau di Bali. Promosi kegiatan Erau 2009 itu dilakukan di Bali bertepatan dengan gelaran pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 31 di Banjar Kedaton, Denpasar. Kadis Budpar Kukar Kukar HM Idrus mengatakan bahwa Erau kali ini adalah even besar yang diikuti oleh tujuh kabupaten kota di Kaltim. Karena itu promosinya harus gencar untuk menggugah keinginan wisatawan yang datang ke Kukar menyaksikan pesta akbar.

Pesta adat budaya Erau Kukar memiliki kemiriban dengan Pesta Kesenian Bali yang merupakan even rutin tahunan di Bali. Pesta kesenian tersebut merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu wisatawan mancanegra maupun lokal. Keikutsertaan Kukar dalam event tersebut sekaligus melakukan studi banding pelaksanaan pesta kesenian. "Pagelaran PKB benar-benat diminati wiasatawan asing dan lokal. Mereka terkonsentrasi pada pesta seni yang menampilkan kesnian dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara," papar Idrus di sela-sela acara PKB di Bali, Sabtu (13/6).

PKB adalah suatu even di mana para wisatawan terkonsentrasi. Kesempatan itupun dimanfaatkan Pemkab Kukar untuk memromosikan kegiatan Erau yang digelar 26 Juli 2009 mendatang. Petugas promosi Kukar membagi-bagikan brosur Erau kepada pengunjung PKB dan bekerjasma dengan panitia PKB. Panitia PKB beberapa kali mengumumkan penyelenggaraan Erau melalui protokoler acara yang bisa didengar oleh seluruh pengunjung.

Idrus menambahkan selain mempromosikan Erau juga bisa melihat bagaimana berbagai kesenian dikemas dalam suatu kegiatan sehingga membuat penampilan terbaik yang sangat menarik untuk disaksikan sebagaimana pada acara PKB tersebut. Di akhir pawai PKB tersebut, Idrus menyerahkan brosur Erau 2009, Buku Silsilah Kerajaan Kutai serta CD Profil Pariwisata Kukar Kepada Wakil Gubernur Bali Ana Agung Puspa Yoga sebagai tanda bekerjasama mempromosikan Erau. (hmp03)

Sumber: http://www.sapos.co.id 15 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts