Sambut Visit East Kalimantan 2009: Ayo Tamasya ke Kaltim!

Kalimantan Timur - Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata Penajam Paser Utara (PPU) menyiapkan sejumlah even wisata dan budaya menyambut Visit East Kalimantan 2009 bertajuk Ayo Tamasya ke Kaltim. Kalender even kepariwisataan 2009 di daerah ini sudah disusun. Pada April 2009 dilaksanakan pemilihan putra-putri Benuo Taka 2009; Juni 2009 Festival Seni dan Budaya Penajam Paser Utara 2009; September 2009 dilaksanakan Festival Layang-layang; dan mengikuti Festival Kemilau Seni dan Budaya Etam 2009 di Samarinda.

“Selain kalender even yang sudah disusun itu, Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata juga memprogramkan optimalisasi objek wisata pantai yang sudah ada. Misalnya, nanti akan dilengkapi sarana dan prasarana untuk pengunjung objek wisata Pantai Nipahnipah, dan Pantai Tanjung Jumlai di Kecamatan Penajam,” kata Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata Penajam Paser Utara H Haeran Yusni, belum lama ini.
Haeran Yusni yang didampingi Kasi Sarana dan Prasarana Wisata Ahmad Koyum, mengungkapkan, materi acara yang disusun pada Festival Seni dan Budaya Penajam Paser Utara pada Juni 2009 mendatang beragam. Tujuh materi acara disiapkan untuk mengisi kegiatan ini, masing-masing lomba tari pesisir, lomba tari pedalaman, lomba lagu dan musik tradisional. “Juga diselenggarakan lomba busana garapan tradisional, parade budaya, pameran, dan jajanan pasar nonberas. Kegiatan ini direncanakan di Lapangan Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam. Kami menyambut positif Visit East Kalimantan sebagaimana program gubernur Kaltim,” kata Haeran Yusni.

Even lain yang tidak kalah menariknya yang diagendakan September 2009 adalah Festival Layang-layang di Pantai Nipahnipah. Materi kegiatan ini diisi tidak hanya lomba layang-layang hias saja, tetapi juga disemarakkan lomba terompah antar-instansi pemerintah, dan lomba minum air kelapa untuk umum. Tetapi, event ini kemungkinan besar untuk Festival Layang-layang ditinjau kembali waktunya berkaitan dengan potensi angin, yang dianggap tidak menguntungkan untuk diselenggarakannya kegiatan ini.

“Kalau Festival Kemilau Seni dan Budaya Etam Kaltim 2009 di Samarinda kami mengikuti beberapa kegiatan, yaitu lomba tari pesisir, lomba tari pedalaman, lomba lagu daerah tradisional, dan lomba busana daerah tradisional,” kata Ahmad Koyum menambahkan. Untuk menarik minta wisatawan berkunjung, dinas yang dipimpin Harry Djumiharso juga mengagendakan pesta laut se-Kalimantan di Pantai Lango, Kecamatan Penajam. Hanya saja, skalanya dipersempit menjadi lingkup daerah saja.(hms)

Sumber: http://www.kaltimpost.net 22 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts