Selamatkan Laut, Manado Gelar Forum Kelautan Dunia

Manado, Sulawesi Utara - Konferensi Kelautan Dunia atau World Ocean Conference (WOC) dan Pertemuan Inisiatif Segitiga Terumbu Karang di Manado, Sulawesi Utara, digelar 11-15 Mei mendatang dan akan dihadiri 87 negara. Sekretaris Nasional WOC, Indroyono Susilo Senin (11/5), mengatakan, sasaran konferensi WOC adalah berkaitan dengan dampak perubahan iklim global terhadap laut dan peran laut dalam perubahan iklim global.

Forum WOC tersebut, lanjut kata Susilo, negara-negara pemilik laut dari seluruh dunia ingin menyepakati kerjasama sience dan teknologi dan bagaimana menanggulangi dampak perubahan iklim ini khususnya untuk adaptasi laut. "Dengan adanya pemanasan global, mencairnya es di kutub diprediksi akan banyak pulau-pulau yang tenggelam pada tahun 2030 mendatang, sementara itu tidak ada langkah yang diambil," ungkapnya. Sasaran Konferensi WOC 2009 dengan tema "Climate Change Impacts to Ocean and The Role of Ocean to Climate Change" akan ditandai dengan Manado Ocean Declaration.

WOC 2009 dibuka pada Kamis (14/5) mendatang oleh Presiden RI. Sedangkan Inisiatif Segitiga Terumbu Karang atau Coral Triangle Initiative (CTI) Summit akan digelar Jumat (15/5). Selain konferensi, rangkaian WOC juga diisi simposium internasional tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebijakan kelautan. "Forum WOC telah datang 84 negara delegasi yang diwakili oleh tingkat menteri. Sementara CTI Summit dihadiri oleh kepala negara atau pemerintahan," pungkas Susilo. (heh)

Sumber: http://www.elshinta.com 13 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts