Sendratari Mahakarya Borobudur Dibangkitkan Lagi

Yogyakarta - PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) dalam waktu dekat akan menggelar kembali sendratari Mahakarya Borobudur di panggung terbuka Aksobya di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT TWCBPRB, Agus Cany, di Yogyakarta, Rabu, mengatakan sendratari Mahakarya Borobudur selama 2009 dijadwalkan pentas empat kali secara berturut-turut, yaitu pada 2 Mei, 12 Juni, 24 Juli dan 14 Agustus.

Didampingi Dirut PT TWCBPRB, Poernomo, dan anggota direksi lainnya dalam acara temu relasi di Yogyakarta, ia mengatakan pentas sendratari ini bertujuan menarik minat wisatawan berkunjung ke Candi Borobudur serta memberikan tambahan kegiatan wisata pada malam hari di objek wisata tersebut. "Untuk mendukung kegiatan ini sebanyak 13 biro perjalanan wisata di Jakarta menyatakan siap mempromosikan pentas sendratari tersebut dan dipastikan pada pertunjukan perdana nanti akan dihadiri sejumlah menteri," katanya.

Menurut dia, pihaknya menyediakan 800 kursi untuk wisatawan yang ingin menyaksikan pentas sendratari yang berlangsung di panggung terbuka Aksobya tersebut. "Sendratari Mahakarya Borobudur ini merupakan cerita tentang pembangunan Candi Borobudur dan dimainkan oleh para seniman lokal bekerja sama dengan seniman tari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta," katanya.

Pementasan sendratari ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara ke taman wisata Candi Borobudur, sehingga target kunjungan sepuluh juta wisatawan dalam lima tahun ke objek wisata itu dapat tercapai.

Ia mengatakan, untuk mendukung penyelenggaraan pentas sendratari tersebut, pihaknya bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia yang memberikan potongan harga 15 persen untuk pelajar yang menggunakan jasa penerbangan ini dengan rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Garuda Indonesia juga memberikan tiket gratis bagi 50 pembeli tiket "platinum class" Sendratari Mahakarya Borobudur di taman wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Harga tiket menonton sendratari ini untuk kelas platinum 80 dolar AS dengan fasilitas makan malam, transportasi Yogyakarta-Borobudur PP, foto dan cenderamata, sedangkan kelas emas 60 dolar AS dengan fasilitas makan malam, transportasi Yogyakarta-Borobudur PP dan kesempatan foto bersama penari. "Harga kelas A Rp200.000 per orang, kelas B Rp150.000 dan kelas pelajar Rp75.000 per orang," kata Agus Cany.(antara)

Sumber: http://www.antara.co.id 16 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts