Sinyal Positif bagi Pengembangan Wisata Bahari DKI

Jakarta - Ini dibuktikan dengan kedatangan Kapal pesiar mewah berbendera Italia yang merapat di dermaga 101 Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta, beberapa waktu lalu. `Costa Allegra`, nama kapal pesiar itu, membawa 900 wisatawan dari Eropa dan Asia. Mereka singgah selama satu hari di Ibukota sebelum melanjutkan perjalanan ke Malaysia.

Kedatangannya disambut dengan Tarian Betawi sebagai Tarian Selamat Datang oleh para penari cilik dari Sanggar Delima, Tebet, Jakarta Selatan. Sajian tarian tersebut cukup memukau. Para wisatawan tampak antusias mengabadikan atraksi tari tersebut dari anjungan kapal. Sekitar 400 wisatawan kemudian menyebar dengan menggunakan fasilitas bus pariwisata ke berbagai tempat. Tujuan utamanya ke Monumen Nasional (Monas), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kawasan Kota Tua, dan city tour ke pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta.

Bisa jadi ini pertanda bahwa wisata bahari Jakarta mulai dilirik. Menjadi sinyal positif agar investor, pemerintah dan tour operator bersinergi menyiapkan paket wisata bahari. Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku telah berbenah memperbaiki infrastruktur penunjang di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengemukakan, kunjungan wisatawan mancanegara melalui tour operator luar negeri menunjukkan bahwa Jakarta memiliki potensi dan daya tarik untuk aktivitas wisata bahari. "Untuk itu percepatan pengembangan kawasan Kepulauan Seribu semestinya dapat menjadi prioritas," katanya, Selasa (17/3).

Lebih lanjut Arie berharap kunjungan singkat wisatawan tersebut memberi kesan positif sehingga menjadi pembicaraan dan memajukan dunia wisata Jakarta. "Jika kesan yang didapat postif, bisa jadi wisatawan itu kembali lagi kemari," harapnya. Ia berjanji akan terus mengembangkan sejumlah potensi wisata Jakarta dan `mengemasnya` menjadi produk yang memiliki daya saing tinggi di mancanegara.( Joko Sugiarto)

Sumber: http://www.kabarindonesia.com (23 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts