Spies Selangkah ke Perpanjangan Kontrak

Ben Spies selangkah lebih dekat untuk menandatangani perpanjangan kontraknya dengan tim pabrikan Yamaha MotoGP. Pebalap asal Texas, Amerika Serikat, tersebut diharapkan bisa menyepakati kontrak, yang durasinya sama seperti apa yang dilakukan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Casey Stoner dan Dani Pedrosa.

Memang, dalam beberapa pekan terakhir ini rumor tersebut (perpanjangan kontrak) sudah mencuat. Yamaha menginginkan, Spies, yang merupakan juara dunia World Superbike 2009, bertahan sampai musim 2012, sama seperti yang dilakukan empat pebalap elite tersebut. Artinya, pebalap berusia 26 tahun ini mungkin menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun lagi dengan opsi hingga 2013.

Spies, yang berstatus rookie pada MotoGP musim lalu, tampil sangat sensasional bersama tim Monster Yamaha Tech 3. Karena itulah, Yamaha mempromosikannya ke tim pabrikan, untuk menggantikan posisi Rossi yang hengkang ke Ducati. Alhasil, musim depan Spies akan menjadi tandem Lorenzo, sang juara dunia 2010.

Manajer Spies, Phil Baker, mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pembicaraan tentang perpanjangan kontrak tersebut. "Kami sedang membicarakan tentang kontrak dalam jangka waktu yang panjang dengan Yamaha, dan akan menyenangkan jika kontrak Ben sama dengan para pebalap top di MotoGP," ujar Baker kepada MCN.

"Saat ini Ben sudah memiliki kontrak dengan Yamaha, tetapi dia hampir menambah panjang satu tahun lagi dan kontraknya masih berdasarkan pada ketika dia merupakan pebalap tim satelit.

"Ben tahu Yamaha memberikannya kesempatan di World Superbikes, yang tidak dia dapatkan di tempat lain.

"Dan kemudian mereka memberikannya kesempatan pindah ke MotoGP dan sekarang pindah ke tim pabrikan. Ben sangat loyal.

"Saya pikir Ben dan Yamaha akan segera menemukan jalan keluar untuk meraihnya. Kami tidak ingin menghadapi musim 2011 tanpa petunjuk yang jelas mengenai durasi perpanjangan kontrak.

"Kami ingin meyakinkan bahwa Ben memiliki peluang terbaik untuk memenangi kompetisi MotoGP dan saya yakin bahwa peluangnya adalah dengan perpanjangan kontrak."

Bulan lalu, bos Yamaha Lin Jarvis mengatakan kepada MCN bahwa dia sudah melakukan usaha tersebut (perpanjangan kontrak). Pasalnya, Yamaha berharap Spies, yang finis urutan keenam pada MotoGP 2010 dengan dua kali naik podium di Silverstone dan Indianapolis, bisa dua atau tiga tahun bersama mereka.

"Kami sudah berdiskusi dengannya dan penekanan kami adalah memperbarui kontrak Ben untuk lebih dari dua tahun. Kami sedang dalam pembicaraan dengan Ben dan manajemennya.

"Prioritas utama kami adalah memastikan kontrak Lorenzo. Kami sudah mendapatkannya, sehingga sekarang kami sudah memiliki Jorge dan prioritas selanjutnya adalah memperpanjang kontrak Ben." (Aloysius Gonsaga AE)

-

Arsip Blog

Recent Posts