Sri Lanka Tawarkan Sister City

Medan, Sumatra Utara - “Hubungan Indonesia dan Sri Lanka telah terjalin erat dan memiliki historis yang panjang sejak zaman dahulu dan kini berkembang semakin pesat”, ungkap Gubsu H. Syamsul Arifin,SE saat menerima kunjungan Duta Besar Srilanka Mayor Jenderal (Purn) Nanda Mallawaarachchi di Kantor Gubernur, Rabu (18/3).

Dalam kunjungan tersebut Dubes Srilanka didampingi Konsul Kehormatan Joefly J. Bahroeni dan staf konsulat Syahrir Soekardi, sementara Gubsu ditemani Kadis Perindagsu Drs H.M. Hasbi Nasution, MM., Kabid Humas Drs ML Tobing dan sejumlah staf lainnya.

Dubes Nanda mengemukakan, perkembangan perdagangan dari Sumut ke Srilanka memang menunjukkan trend yang positif, namun diharapkan dapat tumbuh dan berkembang lebih pesat lagi. Di samping itu, ujar Dubes Nanda, juga terus berupaya meningkatkan kerjasama di berbagai bidang, antara lain pembangunan fasilitas dan prasarana pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya.

Kota Kembar
Potensi pariwisata Sumatera Utara juga sangat menarik perhatian Sri Lanka, maka diharapkan adanya peningkatan kerjasama pariwisata terutama pariwisata air. Juga pengembangan wilayah atau daerah tujuan wisata guna menarik wisatawan asing baik ke Sumut maupun ke Sri Lanka.

Untuk lebih memberdayakan dan meningkatkan berbagai kerjasama, pemerintah Sri Lanka menjajaki kemungkinan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, kabupaten maupun kota di Sumut dalam bentuk Kota Kembar (Sister City) dengan salah satu kota di Sri Lanka, seperti yang telah dibentuk antara kota Gorontalo di Sulawesi dengan Sri Lanka Selatan.

Dalam kesempatan itu, Dubes Nanda mengundang Gubsu Syamsul Arifin untuk berkunjung ke Sri Lanka. Gubsu Syamsul Arifin jadi terkenang, pada tahun 1970-an ketika menunaikan ibadah haji, dia berkesempatan singgah di Kolombo, yang menurutnya kota itu sangat menarik dengan konsep pembangunan kota hijau, dan pemerintah kota yang menyadari dan kuat mempertahankan bangunan tua yang ada guna melestarikan budaya bangsa. Pertemuan ini diakhiri dengan saling bertukar cenderamata.(ask)

Sumber: http://www.analisadaily.com (21 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts