Tahun Baruan di Monas dan Fatahillah

Jakarta - Kawasan Monumen Nasional atau Monas dan Kota Tua Jakarta tidak memiliki acara khusus untuk menyambut Tahun Baru. Namun, bukan berarti kedua kawasan ini tertutup bagi masyarakat umum.

"Masyarakat umum boleh datang, misalnya, keluarga yang ingin piknik sambil menikmati pergantian tahun. Silakan datang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Rini Haryani, Selasa (21/12/2010).

Jadi, untuk kawasan Monas, yang dilarang adalah membuat pagelaran yang mengundang keramaian, seperti acara band. Selain itu, baik di kawasan Monas maupun di Kota Tua Jakarta, warga dilarang untuk bermain kembang api. Hanya, berdasarkan pengalaman tahun lalu, ada saja pengunjung yang membawa kembang api.

"Kami tidak mungkin memeriksa pengunjung satu per satu," aku Rini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala UPT Kota Tua Chandrian Hatayat yang mengaku bahwa tahun lalu kesulitan untuk melarang pengunjung bermain kembang api.

"Kalau sudah satu saja yang main kembang api, yang lain langsung ikut," katanya.

Chandrian menuturkan bahwa pihak pemadam kebakaran terdekat biasanya selalu siap siaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sebagai gambaran, lanjut Chandrian, tahun lalu pengunjung yang menghabiskan Tahun Baru di Kota Tua Jakarta lebih dari 50.000 orang. Mereka tersebar tidak hanya di kawasan Fatahillah, tapi juga di Kali Besar dan tempat lainnya yang masih masuk kawasan Kota Tua Jakarta.

"Warga padat saat jam dua belas malam hingga jam dua pagi. Mereka baru pulang jam empat pagi," ungkapnya.

Sebagian besar pengunjung tersebut adalah limpahan dari lokasi-lokasi lain yang biasa menjadi pusat keramaian di saat Tahun Baru. Mereka kesulitan mendapat tempat di lokasi-lokasi tersebut, jadi berpindah ke kawasan Kota Tua.

Pihak Kota Tua Jakarta, tambah Chandrian, saat ini mempersiapkan pengamanan untuk Tahun Baru dengan dukungan dari kepolisian pariwisata, polsek, dan Satpol PP.

Hal serupa juga diutarakan oleh Rini. Pihak Monas akan dibantu Satpol PP dalam pengamanan, termasuk mencegah orang agar tidak melompat pagar dan masuk ke area Tugu Monas yang tertutup saat Tahun Baru.

-

Arsip Blog

Recent Posts