Tanggamus Miliki Wisata Potensial

Kotaagung, Lampung - Kabupaten Tanggamus memiliki aset wisata yang sangat potensial. Selain memiliki suhu dingin, keindahan alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kotaagung merupakan kota tua dan terletak di kaki Gunung Tanggamus, tepi utara Teluk Semaka, memiliki pelabuhan yang menghubungkan antardaerah serta transit bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina.

Lokasi wisata di Tanggamus, di antaranya Bendungan Batu Tegi. Bendungan yang diresmikan Presiden Megawati Soekarnoputri itu terletak di kawasan pegunungan di kaki Gunung Tanggamus dan dataran tinggi serta hamparan luas perkebunan kopi rakyat.

Akses menuju tempat itu melalui Kota Talangpadang kurang lebih 30 kilometer ke arah utara. Atraksi wisata yang dapat dinikmati berupa berperahu, memancing, dan menikmati keindahan alam pegunungan yang beriklim sejuk.

Di Tanggamus juga terdapat air terjun Way Lalaan yang merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu dengan lainnya sekitar 200 meter. Lokasinya terletak di kaki Gunung Tangamus dengan jarak hanya 2 kilometer dari pusat Pemkab Tanggamus, atau 80 km dari Kota Bandar Lampung.

Air terjun tersebut dikenal sejak 1937, ketika zaman kolonial Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun. Wisata bahari di kabupaten itu, antara lain Teluk Kiluan yang banyak menyimpan potensi wisata. Tidak jauh dari lokasi itu terdapat pantai berpasir putih dan bukit karang hidup. Lokasi ini juga menjadi jalur lintasan lumba-lumba.

Kemudian ada juga Pantai Terbaya, yang jaraknya sekitar 2 km sebelum masuk Kotaagung dari Bandar Lampung. Dari pantai ini selain pemandangan lautnya, pengunjung dapat melihat sejumlah kapal nelayan dan kapal yang digunakan untuk transportasi laut warga sekitar. n HES/ANT/R-2

Sumber: http://www.lampungpost.com (18 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts