Tanjung Bajau Wisata Baru di Singkawang

Singkawang, Sumbar - Kota Singkawang akan memiliki objek wisata baru. Pihak swasta akan mengelola lokasi wisata Tanjung Bajau di Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat.

"Areal itu sangat menjanjikan dan bisa memanjakan psikologi para wisatawan yang mengisi waktu liburnya," kata pengelola Tanjung Bajau, Antony Suwandi di Singkawang, Rabu (15/12/2010).

Nantinya di areal tepi pantai pihaknya akan membuat patung-patung hewan laut seperti kepiting dan anjing laut sebagai penanda. Area wisata tersebut juga akan dilengkapi dengan akuarium raksasa berbentuk ikan hiu. Di dalamnya akan dibangun akuarium-akuarium kecil untuk penyimpanan ikan.

"Dijamin semua jenis ikan akan dilampirkan. Wisata Tanjung Bajau bertambah eksotik dengan suasana alam yang indah," katanya.

Ia mengakui, wisata alam itu kurang lengkap tanpa ada wisata bahari. Wisata bahari yang telah dirancang tersebut menghubungkan Tanjung Bajau dengan enam pulau lain yang ada di Kabupaten Bengkayang. Pulau-pulau itu adalah Pulau Kabung, Pulau Seluas, Pulau Penata Kecil, Pulau Penata Besar, Pulau Randayan, dan Pulau Lumukutan. Pihaknya akan menyiapkan speed boat untuk menghubungkan pulau-pulau tersebut.

"Semua itu akan terwujud secara final pada tahun 2011 nanti," katanya.

Tanjung Bajau berada di antara Pasir Panjang dan Pasir Pendek. Lahan-lahan Tanjung Bajau mulai digarap. Dulunya berisikan hutan sedang dilapangkan. Sementara tepian pantai yang sangat kotor juga sedang dalam tahap pembersihan.

-

Arsip Blog

Recent Posts