Topeng Gajah Mada Bikin Geger

Jakarta – Dalam rangka memeriahkan HUT-nya yang ke-34, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar acara spektakuler Festival Indonesia dengan menghadirkan benda-benda langka yang tak ternilai harganya, sejak 18 hingga 26 April 2009 .

Di antara benda langka yang tampil dalam Panggung Renaissance Nusantara itu, topeng asli Gajah Mada yang dipamerkan di Istana Anak-anak Indonesia TMII, menyedot perhatian ribuan pengunjung. “Belum pernah saya melihat pameran sebesar ini,” kata Rani, mahasiswi Surabaya di TMII, Senin (20/4).

Manager Seni Budaya TMII, Masud Thoyib menyebutkan, topeng Gajah Mada itu didatangkan dari Museum Trowulan. Selain itu juga dihadirkan fosil Pithecanthropus Erectus dari Trinil, Sangiran dan Museum ITB Bandung. “Fosil langka itu dikawal ketat oleh pejabat dari Sangiran dan anggota kepolisian,” katanya.

Kemegahan Festival Indonesia itu juga tergambar dengan hadirnya lukisan karya maestro Basuki Abdullah, Hendra, Affandi, Sujoyono, Antonio Blanco dan lainnya. “Juga ada lukisan maestro Raden Saleh,” katanya.

2000 Seniman
Festival Indonesia di TMII dibuka oleh Mendagri 18 April lalu dengan ditandai peresmian 3 anjungan baru yakni Banten, Sulbar dan Babel. Acara dimeriahkan dengan pentas wayang kulit Purbo Asmoro, Murrys Grup serta ribuan seniman daerah yang tampil dalam karnaval gelar Parama Budaya. “Lebih dari 2000 seniman daerah yang tampil dalam perhelatan akbar ini,” kata Sigit Sumardjo, koordinator anjungan daerah di TMII. Festival Indonesia di TMII itu, bertambah semarak dengan hadirnya kolam renang terbesar di Asia. Selain itu, juga dimeriahkan dengan pameran flora dan fauna. (rf/B)

Sumber: http://www.poskota.co.id 21 April 2009
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign