Tur Sail Bunaken 2009: Kapal Pesiar Serbu Tarakan

Tarakan, Kaltim – Bulan Juni hingga Juli mendatang, Tarakan bakal disinggahi sebanyak 20-30 kapal pesiar atau yacht dari 100 yacht yang memuat para wisatawan mancanegara yang mengikuti rangkaian tur Sail Bunaken 2009. Sebagai salah satu entri poin, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan pasti akan mengambil faedah dari posisi tersebut.

Wali Kota Tarakan Udin Hianggio menyebutkan keadaan ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan rangkaian promosi daerah utamanya Tarakan dan daerah sekitarnya terkait potensi wisata yang ada di setiap daerah di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) bagian utara. “Salah satunya yang akan dipromosikan adalah Berau dengan Pulau Derawan-nya yang sudah mendapatkan pengakuan wisatawan mancanegara sebagai pulau yang memiliki laut yang indah, juga ada Pulau Kakaban dan Maratua. Untuk ini, kami akan berkomunikasi dengan Pemkab Berau,” tandasnya.

Untuk promosi budaya dan potensi tempat wisata di Tarakan sendiri, Udin telah meminta secara khusus kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Tarakan untuk menyusun secara lengkap data mengenai potensi wisata yang ada di Tarakan termasuk tempat wisata lainnya di wilayah utara Kaltim. “Kapal akan singgah di sejumlah tempat, nah saat di Tarakan kita akan perkenalkan khazanah budaya juga kehidupan sosial budaya masyarakat kita,” jelasnya.

Peluang Tarakan dan daerah sekitarnya untuk menarik devisa sebesar-besarnya dari para wisatawan mancanegara tersebut sangat terbuka, atau minimal meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah di utara Kaltim. Sebab, diperkirakan dalam persinggahannya di Tarakan, para wisatawan tersebut akan menginap selama 3 hingga 4 hari. “Hanya saja masih ada kendala, terutama soal fasilitas di pelabuhan kita di mana perlu ada WC yang berfungsi optimal. Kemungkinan, kita akan mengoperasikan kembali WC mobile,” jelasnya.

Udin juga menginginkan adanya koordinasi terpadu antarseluruh lini yang terkait pada kegiatan ini utamanya instansi yang terkait dengan hilir mudik pelabuhan seperti Bea Cukai (BC), Imigrasi, Administrator Pelabuhan (Adpel), Pelindo. Koordinasi terpadu ini juga terkait dengan prioritas kemudahan pelayanan administrasi yang dijanjikan bagi seluruh wisatawan mancanegara tersebut. “Tentu saja, Pemkot Tarakan akan mendukung. Dengan segala pelayanan terbaik yang kita berikan ini, mudah-mudahan mereka akan membelanjakan begitu banyak uang di Tarakan,” terang Udin kepada wartawan harian ini, kemarin. (ndy)

Sumber: http://www.radartarakan.co.id 30 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts