Turis Singapura Dominasi Kunjungan ke Batam

Batam, Kepulauan Riau - Setiap bulan, rata-rata turis asal Singapura masuk ke Batam berjumlah 55 ribu orang. Angka tersebut merupakan paling banyak dibandingkan dengan turis dari negara lain.

Hal itu dikatakan Raja Muchsin, Kadis Pariwisata Kota Batam, yang dikonfirmasi Sabtu, (14/3) di Hotel Novotel. Dijelaskan, setelah turis dari Singapura menyusul Malaysia, Thailand serta negara lainnya di Asia. Dari 1,1 juta turis yang datang ke Batam pada 2008, turis Singapura tetap menduduki tempat teratas dalam jumlah kunjungan.

Ia menyebutkan, Provinsi Kepri menempati urutan kedua setelah Provinsi Bali dikunjungi turis manca negara. Hal itu disebabkan kedekatan Batam dan Singapura sehingga turis asal Singapura bisa menikmati pemandangan alami ke Batam (back to natural), khususnya dari segi tempat wisata maupun makanan. "Warga Singapura sudah terbiasa dengan hidup yang serba maju. Tempat-tempat wisata yang masih alami dan makanan yang serba alami di negaranya sudah semakin sulit didapatkan, maka pilihan untuk mehilangkan kejenuhan dari negara mereka Batam dijadikan sebagai tempat pilihan yang tepat," ujarnya.

Menurutnya, Disparbud tidak mau kehilangan kesempatan menyangkut potensi turis asal Singapura. Setiap tahun, pihaknya menggelar berbagai even untuk menarik minat turis Singapura datang ke Batam. Bahkan untuk mempromosikan Batam kepada warga Singapura, Pemko tak segan-segan mengundang secara resmi. "Pertemuan yang dirancang Dinas Pariwisata Batam, bisa dalam bentuk acara pertemuan silaturahmi warga Singapura dengan warga Batam. Seperti yang sudah dilakukan, marga Huang Tionghoa Singapura dipertemukan dengan marga Huang Batam," ucapnya. (sm/rl)

Sumber: http://sijorimandiri.net (16 Maret 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts