Turnamen Voli Pantai Asia Pasifik Dihelat di Babel

Bangka Belitung - Ketua Umum PBVSI yang diwakili sekretaris umum Irjen Pol Yudi Susharyanto SH membuka secara resmi Turnamen Voli Pantai Asia Pasifik II Indonesia Terbuka 2009 dalam kesempatan Wellcome Drink di Parai Beach Resort Sabtu (18/4) malam. Turnamen ini akan dimulai hari ini, Minggu (19/4) hingga 21 April 2009.

Sebanyak 11 tim putra dan 11 tim putri dengan jumlah atlet sebanyak 44 orang dari 9 negara akan berlaga dalam even yang untuk kedua kalinya di gelar di Provinsi Babel ini. Pembukaan Voli Pantai ini ditandai dengan acara pemberian plakat penghargaan kepada atlet dan pengurus PBVSI. Hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Babel Syamsudin Basari, CEO Eljohn Indonesia Jhonnie Sugiarto, Perwakilan Ketua Umum PBVSI, Perwakilan KONI Pusat, PBVSI Babel, para atlet voli pantai, dan undangan lainnya.

Wakil Gubernur Babel, Syamsudin Basari dalam kata sambutannya mengatakan, even ini akan memberikan kontribusi bagi pengembangan sektor pariwisata di Negeri Serumpun Sebalai. Pada momentum ini dirinya mengatakan atas nama pribadi maupun Pemprof Babel mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari PBVSI Pusat dan peserta kejuaraan Voli pantai.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran tim yang berlaga, yakni dari Hongkong, Thailand, Malaysia, Vietnam, Iran, India, dan tuan rumah Indonesia. “Semoga kehadiran peserta memberi kontribusi dan arti tersendiri bagi peningkatan pariwisata tanah air khususnya dan pariwisata Bangka Belitung,” kata Syamsudin.

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus PBVSI yang telah mempercayakan Babel sebagai tuan rumah penyelenggaraan voli pantai asia pasifik. Syamsudin mengatakan, guna memajukan Provinsi Babel, maka diadakan program yang cukup strategis berbasis kepariwisataan. “Kita juga merancang salah satu agenda nasional, yaitu Visit Bangka Belitung Archipelago, yang lebih dikenal dengan Visit Babel Archi 2010, yang sudah di depan mata kita.

Program unggulan ini sengaja diangkat ke permukaan mengingat begitu strategisnya letak Provinsi Kepulauan Babel serta dukungan sumber daya alam yang tiada taranya di negeri ini,” ujarnya. Karenanya, kata Syamsudin, perlu dukungan semua pihak agar program tersebut bisa berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan. Apalagi disadari bahwa usia provinsi ini masih muda sehingga kalau tanpa bimbingan dan dukungan semua pihak mustahil agenda ini berjalan lancar dan sukses. “Terutama segi pendanaan dan memberi layanan prima dalam menghadapi arus kunjungan wisatawan domestik dan manca negara yang akan timbul sebagai implikasi dari program tersebut,” ungkap Syamsudin.

Ia menambahkan, daerah Babel memiliki potensi luar biasa di bidang pariwisata dan kebudayaan, termasuh juga heritage dari generasi ke generasi. Namun sayangnya potensi itu belum sepenuhnya menjadi kekuatan riil, yang memberikan sumbangsih untuk kemakmuran negeri ini. “Resort yang kita miliki belum kita kelola dan dayagunakan secara optimal untuk tujuan yang besar. Kita berharap sektor pariwisata pada saatnya nanti bisa menjadi sumber ekonomi yang tinggi bahkan nantinya sektor ini akan memberi sumbangan terbesar pada perekonomian daerah,” kata Syamsudin.

KONI Pusat yang diwakili Laksamana Purnawirawan Gunawan Wiranto mengatakan, kegiatan ini dapat digunakan sebagai sarana promosi pariwisata Provinsi Babel. Untuk itu, dengan dukungan Pemda Babel even ini diharapkan berjalan dengan sukses dan lancar, dengan kerja keras serta kesungguhan dalam menjalankan kejuaraan ini. “Kita harapkan seluruh atlet dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih prestasi terbaik, dengan bertanding penuh semangat dan konsentrasi, sportif, dan pantang menyerah. Even ini pun bisa menjalin persahabatan antar bangsa, penyebarluasan budaya Indonesia yang sangat kaya,” katanya. (sas)

Sumber: http://www.bangkapos.com 20 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts