Wisata Air Bandar Lampung Diminati Pengunjung

Bandar Lampung - Sejumlah objek wisata air di Kota Bandar Lampung, hari Minggu (19/4) ramai didatangi pengunjung dari berbagai penjuru kota. Di antaranya, Waterboom Lembah Hijau dan Waterpark Citra Garden Lampung. Manajer Pemasaran Lembah Hijau, Yudi Indra Irawan mengatakan, 60 persen dari 700 pengunjung berwisata ke area waterboom.

"Selain suasana asri yang dicari, pengunjung senang bermain di waterboom," katanya. Fasilitasnya, water splash, gelas tumpah dan kolam arus. Fasilitas semacam ini merupakan satu-satunya di Bandar Lampung. Karena itu, banyak wisatawan di luar Bandar Lampung yang berdatang ke objek wisata ini. "Pada hari libur nasional pengunjung datang dari luar daerah seperti Sumbagsel dan Jakarta,” katanya.

Pengelola Waterpark Citra Garden, Natasya Hirami Nadra menuturkan, minimnya sarana hiburan air di Bandar Lampung, mengundang minat masyarakat berrekreasi ke waterboom dan waterpark. "Waterpark Citra Garden awalnya hanya fasilitas buat para penghuni perumahan. Akan tetapi, atas desakan masyarakat, Desember 2007 tempat hiburan dibuka untuk umum,” jelas wanita berkulit putih. Waterpark Citra Garden menawarkan konsep bajak laut. Dengan konsep itu, pengunjung waterpark mencapai 1.000 orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Booming wisata air di Bandar Lampung membuat sarana rekreasi lainnya di kota ini sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Seperti diungkapkan, Front Officer Taman Wisata Bumi Kedaton (TWBK) Chandra. Laki-laki berkulit sawo matang itu mengatakan, semula pengunjung TWBK mencapai 100.000. Belakangan, jumlah pengunjungnya menurun. Hari biasa,pengunjung TWBK hanya mencapai 100 orang dan weekend 1.000 orang. "Penurunan ini mungkin terjadi semenjak ada waterpark dan waterboom. Pengunjung lebih senang datang ke tempat itu,” ujarnya. TWBK memiliki wahana air berupa sungai buatan. Saat air surut, terlihat hamparan pasir mengambang disepanjang kali. "Jadi harus dikeruk dulu kalau mau naik kano," jelasnya.

Sejumlah objek wisata di Bandar Lampung menyediakan paket spesial menyambut usainya Ujian Nasional (UN). Di Lembah Hijau, hingga bulan Mei tersedia paket perpisahan dengan berbagai harga. Paket Perpisahan Gazebo berkisar antara Rp 27.000-Rp 80.000 per orang. Masing-masing paket mencakup fried chicken box, panggung hiburan dua jam dan gazebo. Pembedaanya hanya pada tiket waterboom. Ada juga paket yang meliputi lunch buffet, aula room AC dan entertainment set. Terdapat pula paket wisata pelajar dengan lima paket dengan masing-masing harga Rp 7.000, Rp 22.000, Rp 37.000, Rp 40.000, Rp 55.000. Untuk paket wisata pelajar berlaku minimal 50 orang. Paket perpisahan minimal 100 orang. Pengurangan harga juga dilakukan Taman Wisata Bumi Kedaton (TWBK).

Menurut Chandra, harga tiket masuk (HTM) mendapat diskon sebesar 20 persen khusus untuk pelajar. HTM semula Rp 8.000 menjadi Rp 6.000 per orang. Fasilitas lain seperti tunggang kuda, arena permainan, mobil wisata, dan sebagainya, tidak ada pengurangan harga. Objek wisata air Citra Garden Waterpark menawarkan paket hemat untuk pengunjung yang jumlahnya di atas 50 orang. "Untuk lima puluh sampai seratus orang mendapat diskon 20 persen. Seratus sampai seratus lima puluh orang, kita diskon 25 persen hingga 30 persen," ujar Natasya. Tak hanya itu, Citra Garden juga menawarkan pengunjung menjadi member. "Dengan membayar Rp 400.000 pengunjung dapat masuk waterpark sebanyak dua puluh kali, berapapun member itu membawa anggota keluarganya," pungkas Natasya. (Achmad Subechi)

Sumber: http://regional.kompas.com 20 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts