Wisata Indonesia Hiasi Pembukaan Guangdong Sedunia

Jakarta - Objek wisata Indonesia dari berbagai daerah di tanah air menghiasi arena pembukaan Konferensi ke-5 Federasi Perkumpulan Guangdong Sedunia yang berlangsung di Hall D, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/5). Objek wisata dalam bentuk photo tersebut dipajang di depan ruangan utama pembukaan konferensi. Terdapat lebih dari 30 photo dengan ragam objek wisata tersebut menarik perhatian peserta konferensi dari 24 negara.

Di antara objek wisata tersebut antara lain Tanah Lot Bali, Pura Ulu Danu, Sunda Kelapa, suasana pagi di hamparan sawah Tabanan, Sanur Bali, candi Prambanan dan Borobudur, ujung gentang Sukabumi serta gunung berapi Bromo, dan Semeru. Selain wisata alam juga terdapat wisata budaya dan fauna, seperti kecak kolosal Bali, taici, barongsai, orang utan, komodo, dan heron.

Selain objek wisata juga dipajang berbagai pakaian adat dan potensi daerah dari berbagai wilayah seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Sumatera.

Panitia konferensi juga menyediakan potret potensi Indonesia dalam bentuk bentuk buku. Buku yang diberi judul Welcome to Indonesia tersebut disajikan dalam bahasa Mandarin. Photo yang dipajang tersebut menarik perhatian peserta dari berbagai negara. Mereka juga ikut mengabadikan sejumlah tempat wisata tersebut.

Ketua Federasi Perkumpulan Goangdong Indonesia, Sugeng Prananto mengatakan, konferensi kali ini juga sebagai upaya mempromosikan potensi wisata Indonesia kepada tamu-tamu dari 24 negara yang hadir dalam konferensi tersebut. “Ini salah satu upaya untuk membangun Indonesia melalui dunia pariwisata,” kata Sugeng.

Di bagian lain, photo komunitas dan aktivitas pengurus Guangdong di Indonesia ikut dipajang. Salah satu photo tersebut adalah bantuan masyarakat Guangdong kepada ibu-ibu dan anak-anak korban kurang gizi di Lombok, NTB. Bantuan tersebut berupa susu dan obat cacing.

Konferensi ke-5 Federasi Perkumpulan Guangdong Sedunia kali ini merupakan tindak lanjut konferensi ke-4 di Malaysia, 11-19 Nopember 2007. Hingga kini peserta dari 24 negara yang mengikuti konferensi ini masih terus berdatangan di JI Expo untuk menghadiri pembukaan. (d)

Sumber: http://hariansib.com 1 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts