Wisata Museum Mulai Dilirik

Yogyakarta - Di Indonesia, wisata museum memang masih kurang populer. Namun, di Yogyakarta keberadaan museum mulai dilirik, terutama oleh para pelajar yang berlibur ke kota gudeg itu. Keberadaan museum di provinsi itu kini mulai menjadi alternatif tujuan kunjungan bagi wisatawan. Humas Badan Musyawarah Museum DIY Bambang Widodo di Yogyakarta, Kamis (23/4), mengatakan, hanya saja dari 28 museum di DIY, belum semuanya menjadi tujuan kunjungan wisatawan terutama pelajar.

Hanya museum yang namanya sudah dikenal yang menjadi tujuan wisatawan. Misalnya museum Monumen Jogja Kembali (Monjali), Museum Negeri Sonobudoyo dan Museum Sri Sultan HB IX yang terletak di dalam keraton Yogyakarta serta museum Beteng Vredeburg. "Kunjungan wisatawan ke museum tersebut cukup menggembirakan, meskipun belum semua museum di DIY menjadi tujuan kunjungan wisatawan. Namun demikian, jika makin banyak museum di daerah ini yang dikunjungi wisatawan akan mengindikasikan bahwa museum juga bisa berfungsi menjadi objek wisata," katanya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum, khususnya dari kalangan pelajar, pihaknya pernah menyarankan perlunya dibuat peraturan daerah (perda) tentang kewajiban mengunjungi museum bagi kalangan siswa sekolah. "Perda itu sebagai upaya mengoptimalkan fungsi museum di daerah," kata Bambang Widodo.

Menurut dia, jika perda tersebut sudah ada maka pihak sekolah bisa mewajibkan siswanya untuk mengunjungi museum sebagai bagian dari pembelajaran karena museum memiliki multifungsi sebagai objek pendidikan, objek wisata, dan rekreasi. Untuk itu, Dinas Pendidikan setempat perlu memberi dorongan agar pemkab/pemkot di DIY segera membuat perda wajib kunjung museum.

Mengenal Sejarah Bangsa
Ia mengatakan bahwa peran museum sangat strategis untuk membantu generasi muda, khususnya siswa sekolah agar bisa mempelajari sejarah maupun asal muasal bangsa dan perjuangannya.

Dengan demikian, mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang bangsanya melalui teori dalam pelajaran di sekolah. Tapi juga bisa melihat langsung benda peninggalan sejarah yang menjadi koleksi museum, sehingga siswa bisa mengapresiasikannya. "Museum menjadi bagian dari wisata pendidikan sehingga perlu promosi gencar mengenai keberadaan dan potensi museum di DIY yang banyak ragamnya," kata Bambang Widodo.

Sementara itu, Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih mengatakan DIY memiliki potensi sebagai daerah tujuan wisata pendidikan sehingga kegiatan studi wisata pelajar yang sudah seperti keharusan dari program sekolah, dapat diarahkan untuk mengunjungi daerah ini. "Provinsi DIY, setiap musim libur sekolah seperti sekarang ini `dibanjiri` ratusan ribu pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka tertarik berkunjung ke daerah ini karena pertimbangan potensi objek wisata pendidikan yang dimiliki cukup besar," katanya.

Menurut dia, DIY memiliki banyak perguruan tinggi terkenal dan dikenal sebagai daerah tujuan pendidikan. Misalnya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) maupun Institut Seni Indonesia (ISI) bisa menjadi objek wisata menarik untuk dikunjungi siswa sekolah. (MBK)

Sumber: http://travel.kompas.com 25 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts