Wisatawan ke Lombok Lebih Memilih Hotel Bintang Empat

Mataram, NTB - Wisatawan yang berlibur di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menginap di hotel berbintang lebih banyak memilih hotel bintang empat. Dari 12.698 orang wisatawan yang datang selama sebulan, 7,5 ribu orang di hotel bintang empat. Di urutan kedua, 1.623 orang tamu yang menginap di hotel bintang satu, dan 1.365 orang di hotel bintang tiga.

Angka menginap wisatawan tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik NTB Mariadi Mardian sewaktu menjelaskan statistik hotel bintang di NTB tersebut. “Tamu yang datang ke sini terbanyak di hotel bintang empat,`` katanya kepada Tempo, Jum`at (3/4) pagi ini.

Sedangkan hotel bintang lima menjadi pilihan keempat diinapi seribu orang. Rata-rata mereka menginap empat hari. Sedangkan yang menginap di hotel bintang empat rata-rata lama menginapnya tiga hari. Angka hunian yang paling rendah adalah hotel bintang dua sebanyak 1.023 tamu dan rata-rata menginapnya hanya dua hari.

Dari 12.698 orang wisatawan yang berlibur ke Lombok, wisatawan dalam negeri masih terbanyak yakni 9.675 orang dan asing 3.023. Tetapi selama bulan Januari 2009 lalu, terjadi penurunan dibandingkan sebulan sebelumnya Desember 2008 yang mencapai 18.602 orang. (Supriyantho Khafid)

Sumber: http://www.tempointeraktif.com (4 April 2009)
-

Arsip Blog

Recent Posts