Yuk, Jalan-jalan ke Festival Museum

Jakarta - Festival museum akan digelar selama tiga hari. Tepatnya pada 10-12 Desember di FX Plaza, Jakarta Selatan. Acara ini digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta. Festival Museum 2010 ini akan diikuti 41 museum dari 57 museum yang ada di DKI Jakarta.

Museum tersebut akan menampilkan pameran objek museum, workshop, sarasehan, talkshow, atraksi seni budaya dan permainan tradisional serta berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan komunitas pecinta museum dan heritage. Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tinia Budiarti, mengatakan Festival Museum 2010 merupakan salah satu acara andalan Disparbud DKI Jakarta.

Acara dengan tema 'Ke Museum, Asyik,' ini akan dibuka langsung Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. "Selama ini kita memeriahkan tahun kunjungan museum dengan berbagai kegiatan di masing-masing museum. Di akhir tahun ini, kita membuat kegiatan yang lain yaitu mengadakan festival museum," katanya.

Festival Museum 2010 baru pertama kali diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta. Penyelenggaraan ini juga diharapkan menciptakan media sosialisasi dan promosi bagi museum-museum yang berada di Jakarta. "Dengan adanya informasi lengkap tentang museum, diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk mengunjungi museum sesuai dengan minat dan kebutuhannya," ujarnya.

Untuk meningkatkan pengunjung festival ini, Tinia mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI untuk mengajak para siswa dari SD, SMP dan SMA dapat datang menikmati setiap benda unggulan museum. Selain itu, diharapkan museum dapat dimasukkan dalam kurikulum pendidikan muatan lokal dan dapat dijadikan rujukan untuk tugas ekstra kurikuler.

Sudah sepantasnya, museum dijadikan sebagai destinasi pariwisata dan budaya yang mengemban nilai-nilai luhur pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan warisan budaya sebagai sarana edukasi masyarakat yang kreatif dan aktif.

Dosen Budaya Universitas Indonesia, Kresno Yulianto, mengharapkan Festival Museum 2010 menjadi embrio bagi kebangkitan museum di Indonesia dan menjadi jendelanya Jakarta. "Dengan adanya festival ini, mudah-mudahan museum di Jakarta bisa mengubah kinerja dan orientasinya, tidak hanya mengelola koleksi benda bersejarah. Tetapi juga bisa mengelola pengunjung," kata Kresno.

Ia mengharapkan museum-museum di Jakarta dapat menceritakan kehidupan sehari-hari warga dan kota Jakarta, bukan melulu tampilan obyek benda bersejarah. Melainkan bisa melahirkan konsep tematis, yakni setiap bulan membuat tema tersendiri yang mewakilkan kehidupan kota Jakarta. Bila hal ini berjalan dengan baik, maka masyarakat Jakarta dapat mencintai museum dan bisa saja museum akhirnya dihidupi dengan dana dari masyarakat tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Wisata Disparbud DKI, Taufik Ahmad, menerangkan dengan even ini, pihaknya berharap museum semakin atraktif menarik pengunjung, tidak hanya sekali tetapi setia kepada museum. "Dalam festival ini kami mengajak keterlibatan pengunjung dengan pengelola museum, di sana ada pembelajaran," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts