DKB Gelar Festival Seni dan Budaya

Balikpapan, Kaltim - Dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional, Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) menggelar acara Art and Culture Festival (festival seni dan budaya) yang akan diadakan padatanggal 22 hingga 28 Mei 2011 di kawasan Banua Patra.

Ketua DKB Darwis M. Noor mengatakan, pihaknya akan menggelar seni budaya nusantara selama satu minggu, karena ragam etnis dan suku di kota Balikpapan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai aset kota Balikpapan.

“Balikpapan memiliki segudang kekayaan seni budaya,” kata Darwis kepada Balikpapan Pos saat ditemui di kantornya kemarin.

Kesenian Tradisional, lanjut Darwis, harus terus di galakkan dan dipromosikan sedini mungkin. Melalui seni budaya rasa persatuan bangsa bias direkatkan. Apalagi kegiatan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwista dan Kebudayaan RI karena kota Balikpapan akan menjadi salah satu kota budaya di Indonesia

“Harapan kami selain promosi Seni Tradisional akan memdongkrak wisata domestik dan manca negara. Selain paguyuban yang ada di Balikpapan, penyelenggara akan mengundang Kesenian Tradisional dari luar kota,” imbuh Darwis.

Ia menambahkan, di sisi panggung utama akan ada pengobatan orang-orang sakit dari suku Dayak. Workshop manik dan anyaman, workshop kain tenun alap doyo, serta kuliner khas Kalimantan dan Nusantara.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Paguyuban Balikpapan (FKPB) Leo Sukoco mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya acara tersebut, sebab kegiatan seni budaya nusantara merupakan sarana untuk mempromosikan kota Balikpapan sebagai kota multi etnis.

“Harapan kami dalam acara ini seluruh paguyuban akan menampilkan masing-masing keseniannya,” ujar Leo.

Disinggung soal acara Art and Culture Festival, Darwis kembali menerangkan, pada acara pembukaan akan digelar Nulak Jakit (acara ritual suku Dayak Paser) serta Ronggeng Paser Balik. “Acara lainnya seperti kesenian Dayak, Paser, Kutai, Banjar. Kemudian tampil pula kesenian paguyuban dari Jawa dan Sulawesi, dan daerah-daerah lainnya di Balikpapan,” sebutnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts