Lebaran Sendratari Ramayana Pentas Tambahan

Yogyakarta- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) Yogyakarta selama libur lebaran tahun ini akan menggelar pentas tambahan Sendratari Ramayana dengan ’full story’ di panggung terbuka Candi Prambanan, disamping pentas reguler yang sudah dijadwalkan.

"Pentas tambahan pada libur lebaran ini dijadwalkan berlangsung pada 3,5,6 dan 8 Oktober, sehingga wisatawan lebaran bisa lebih puas menikmati sajian Sendratari Ramayana di Taman Wisata Candi Prambanan," kata Kepala Unit Teater dan Pentas PT TWCBPRB Yogyakarta, Djoko Sutono, Jumat.

Menurut dia, apresiasi masyarakat terhadap karya seni Sendratari Ramayana sudah makin meningkat, terbukti sampai kini penonton pentas sendratari bukan saja dari kalangan wisatawan mancanegara (wisman) namun juga wisatawan nusantara (wisnus) termasuk para pelajar.

"Jika orang asing saja sangat menghargai dan mengagumi karya seni bangsa Indonesia, masak bangsa sendiri tidak bisa menghargai karya seni yang memiliki nilai sangat indah. Apalagi generasi muda harus mampu mengapresiasi karya seni nenek moyang kita," katanya.

Menurut dia, berkaitan dengan upaya meningkatkan apresiasi Sendratari Ramayana, manajemen berusaha memfasilitasi para pelajar untuk bisa menikmati karya yang bernilai tinggi dengan memberikan tarif tiket masuk yang terjangkau pelajar.

"Untuk itu, bagi rombongan pelajar minimal berjumlah 30 orang tarif masuk ditentukan hanya Rp15.000 per orang. Namun kami tidak bersikap kaku harus sejumlah itu. Jika ada rombongan hanya berjumlah 20 orang dan sudah sampai di Prambanan, kami tidak bisa menolak mereka dan pasti diberi kesempatan agar mereka bisa menonton," katanya.

Ia mengatakan dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap pentas sendratari ini, sampai sekarang jumlah penonton makin meningkat bahkan pihaknya sering kehabisaan tiket karena kapasitas kursi terbatas. "Banyak calon penonton tetap memaksa masuk meskipun kursi sudah habis dan mereka bersedia menonton sambil berdiri hingga pertunjukan usai," katanya.

Menurut dia, meskipun tarif tiket masuk pertunjukan itu dipatok cukup tinggi namun mereka tidak keberatan membayarnya karena mereka cukup menghargai pertunjukan seni tersebut.

Tiket tanda masuk untuk kelas VIP Rp200.000 per orang, Kelas Khusus Rp125.000, Kelas I Rp100.000 dan Kelas II Rp50.000 per orang. (ANT) JY

Sumber: www.kompas.com (26 September 208)
-

Arsip Blog

Recent Posts