Pengunjung OW Grojogan Sewu Diperkirakan 100.000 Wisatawan

Semarang - Pengunjung objek wisata (OW) Grojogan Sewu di Tawangmangu pada Lebaran 2008 diperkirakan mencapai 100.000 wisatawan, bahkan dimungkinkan bisa lebih.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Kantor Informasi dan Komunikasi (KIK) Kabupaten Karanganyar, Rabu (24/9), pada Lebaran tahun 2006, jumlah pengunjung di Tawangmangu mencapai 90.000 orang dan Lebaran 2007 meningkat di atas 100.000 orang.

Selain OW Grojogan Sewu Tawangmangu, OW budaya Candi Sukuh yang ada Kabupaten Karanganyar, Jateng sampai saat ini tetap dijadikan andalan kabupaten setempat untuk menyedot wisatawan asing (wisman) maupun nusantara (wisnu) mengunjungi OW tersebut.

Kabupaten Karanganyar yakin bahwa OW Grojogan Sewu, Tawangmangu yang merupakan perpaduan serasi antara OW alam berupa hutan dan air terjun dengan ketinggian sekitar 81 meter, mampu menarik wisatawan mancanegara maupun nusantara ke daerah ini.

Setiap libur biasa dan libur panjang, seperti libur Lebaran, wisatawan yang mengunjungi objek wisata yang terletak sekitar 37 km arah timur Kota Solo ini cukup banyak.

Bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara yang ingin berkunjung ke Candi Sukuh di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tidak perlu khawatir, jalan menuju candi tersebut aman dari longsor.

Candi yang diperkirakan dibangun menjelang runtuhnya Kerajaan Majapahit dan bentuk bangunannya mirip dengan peninggalan kebudayaan Maya di Mexico atau situs-situs purbakala sejenis di Peru, Amerika Latin, merupakan candi erotis di Pulau Jawa.

Mengingat jalan menuju lokasi candi cukup baik dan sudah beraspal, menyebabkan wisatawan yang ingin melihat candi ini cukup besar.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke candi ini, selain dapat melihat kemegahan candi juga dapat melihat keindahan pemandangan alam pegunungan di sekitar candi dan turunnya matahari (sunset) secara perlahan dengan aneka cahaya berwarna-warni.

Candi ini terletak di lereng barat kaki Gunung Lawu pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut (Dpl), di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, sekitar 20 km dari Kota Kabupaten Karanganyar. (Ant/OL-01)

Sumber: www.mediaindonesia.com (24 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts