Taman Pintar Program Liburan Lebaran

Yogyakarta - Salah satu tempat pariwisata di Kota Yogyakarta yang menonjolkan unsur edukasi, Taman Pintar, akan meningkatkan frekuensi program di beberapa zona selama libur lebaran.

"Kami tidak membuat event khusus selama libur lebaran, meski begitu kami juga bersiap-siap untuk menyambut libur lebaran dengan mengintensifkan program," kata Kepala UPT Taman Pintar, Tri Maryatun, di Yogyakarta, Minggu (28/9).

Beberapa zona yang akan meningkatkan frekuensi program tersebut diantaranya Pojok Cerita, Desaku Permai, Demo Science, dan Pojok Kreatifitas.

Menurut Tri, Pojok Cerita yang biasanya hanya dibuka satu kali tiap Minggu, kini akan dibuka pada lebaran hari pertama dan kedua dan juga pada Minggu (5/10). Dalam menyampaikan materi cerita baik cerita rakyat Indonesia atau cerita dari luar negeri, pencerita akan didampingi oleh maskot Taman Pintar dan acara dimulai pada pukul 10.30 WIB dengan durasi 30 menit.

"Untuk zona lain, juga akan dilakukan demo yang lebih sering, misalnya demo science yang dilakukan dua kali tiap hari bisa dilakukan lebih sering jika pengunjung menghendaki seperti itu," ujar perempuan yang kerap disapa Atun itu.

Selain itu, Atun juga menyatakan bahwa Taman Pintar akan menambah jumlah pemandu selama libur lebaran dari 20 tiap shift di hari biasa menjadi 30 pemandu per shiftnya.

Taman Pintar akan mulai buka pada pukul 12.00 WIB pada hari pertama lebaran, mengingat pengalaman tahun lalu saat buka pada pukul 10.00 WIB namun pengunjung baru ramai mulai pertengahan hari.

"Oleh karena itu, kami pilih buka siang hari sehingga pegawai juga masih berkesempatan beribadah. Dan kami tidak akan menaikkan harga tiket selama libur lebaran," katanya.

Atun memperkirakan pengunjung Taman Pintar selama musim libur lebaran berkisar 9.000 orang per hari dengan puncak pengunjung pada Minggu (5/10) yang bisa mencapai sekitar 10.000 orang.

Sebagian besar pengunjuang, lanjut Atun, masih akan didominasi warga dari Yogyakarta, meski akhir-akhir ini banyak rombongan yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Semarang, Temanggung dan Wonosobo.

Untuk mengantisipasi kebosanan pengunjung, Taman Pintar juga akan menambah tiga peraga baru, yaitu Terowongan Ilusi, TV Kube dan Paku Ajaib. "Saya berharap, peraga-peraga yang akan ditempatkan di Gedung Oval itu akan selesai sebelum `grand opening` pada 28 Oktober nanti," katanya. bnj

Sumber: www.antara.co.id (28 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts