Bika Ambon Medan

Medan - Bika Ambon adalah sejenis kue ringan yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Terbuat dari bahan dasar seperti santan, gula dan telur. Pada umumnya, Bika Ambon yang dihidangkan dengan rasa pandan, meskipun ada pula rasa-rasa lainnya seperti cokelat, keju, dan durian.

Awalnya, Bika Ambon tidak diketahui sejarah keberadaannya. Meskipun terdapat kata "Ambon", ternyata Bika Ambon lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan. Di sana terdapat sedikitnya 40 toko yang menjual kue ini.

Menjadi pemerhati bagi anda sebagai pembelinya, karena makanan ini, hanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar 4 hari. Kemudian, setelah itu biasanya kue tersebut mulai mengeras. Sehingga mengurangi rasa kelezatannya.

Konon, makanan ini diperkirakan kehadirannya atas dua versi. Yang pertama adalah dahulu saudagar Ambon yang berdagang ke Malaysia, namun Bika Ambon ini tidak laku dan akhirnya hijrah ke Kota Medan. Ternyata, makanan ringan ini, mendapat antusias dari masyarakat Medan sendiri. Versi berikutnya dikarenakan makanan beraroma pandan ini, memang awal penjualannya di Jl. Ambon, Medan. Sehingga masyarakat setempat menjuluki sebagai Kue Bika Ambon.

Bagi anda penggemar kuliner, tak ada salahnya mengunjungi salah satu Toko ternama, Bika Ambon Zulaikha di Jl. Mojopahit 62 dan 96 D, E, F. Hal ini, merupakan lokasi eat out yang layak direkomendasikan di Medan, Sumatera Utara. Apalagi telah tersedia penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Medan sebanyak 49 kali dalam seminggu. (wisatanet.com/rmb)

Sumber: Mediaindonesia.com (10 Juni 2008)
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign