12 Grup Kesenian Asing Ikut Pesta Seni Bali

Denpasar - Sebanyak 12 kelompok kesenian asing menyatakan ikut ambil bagian dalam memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-30 yang akan berlangsung di Denpasar, 14 Juni-12 Juli 2008.

Mereka berasal dari delapan negara yang jadual pementasannya diatur sedemikian rupa dengan pementasan seniman lokal dan utusan daerah lainnya di Indonesia, kata Kasubdis Kesenian Dinas Kebudayaan Propinsi Bali, I Made Santha di Denpasar Sabtu.

Ia mengatakan, negara yang ikut ambil bagian itu meliputi Jepang, Amerika Serikat, Singapura, India, Korea Selatan, Thailand, Inggris dan Malaysia.

Negara tersebut ada yang mengirim lebih dari dua grup seperti Jepang mengikutsertakan tiga grup dan Amerika Serikat dua grup dan negara lainnya masing-masing satu grup.

Tim kesenian asing yang ikut dalam kegiatan seni tahunan di Pulau Dewata kali ini hampir sama dengan tahun sebelumnya sebanyak 12 grup dari tujuh negara masing-masing dari Jepang, China, Korea, India, Amerika, Singapura dan Kanada.

Sedangkan PKB 2006 melibatkan 15 kelompok kesenian asing, sehingga peran serta seniman luar negeri dalam aktifitas seni tahunan di Pulau Dewata berfluktuasi. Made Santha menjelaskan, grup kesenian mancanegara dalam pementasan di arena PKB selain tampil bersama kelompoknya, juga melakukan pementasan kolaborasi dengan seniman setempat.

Kehadiran seniman asing mampu menumbuhkan sikap moral masyarakat dalam bidang berkesenian, yakni membangkitkan gairah masyarakat setempat dalam bidang kesenian.

Sumber: Antara (2 Maret 2008)
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign