Festival Kenthongan Digelar di Banyumas

Purwokerto, Jateng - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan Festival Kesenian "Kenthongan" untuk memperingati Hari Jadi Ke-429 Banyumas, 6 April 2011.

"Festival Kesenian ’Kenthongan’ ini akan digelar pada Jumat, 8 April 2011, mulai pukul 19.00 WIB," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Pemkab Banyumas, Agus Nur Hadie, di Purwokerto, Sabtu.

Ia menjelaskan, festival akan digelar di sepanjang jalan dari Alun-Alun Purwokerto menuju Taman Rekreasi "Andhang Pangrenan" di lahan bekas Terminal Bus Purwokerto.

Ia mengharapkan, kegiatan untuk melestarikan budaya Banyumas itu juga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat dan menjadi salah satu daya tarik wisata kabupaten itu.

"Kami juga berharap Festival Kesenian ’Kenthongan’ ini dapat menarik minat wisatawan untuk berwisata di Kabupaten Banyumas," katanya.

Kendati peringatan Hari Jadi Ke-429 Kabupaten Banyumas tidak diisi dengan pergelaran ketoprak seperti tahun sebelumnya, dia mengatakan, pihaknya meyakini peringatan pada 2011 tidak kalah meriah karena berbagai kegiatan telah disiapkan Pemkab Banyumas.

Ia mengatakan, salah satu kegiatan yang bakal menarik perhatian masyarakat yakni Kirab Budaya pada Minggu (3/4), pukul 13.00 WIB, dari Taman Rekreasi "Andhang Pangrenan" menuju Alun-Alun Purwokerto.

Ia mengatakan, seluruh peserta kirab akan mengenakan "beskap" (pakaian Jawa, red.) dan kebaya bermotif batik Banyumasan.

"Ada beberapa misi yang diusung Panitia Hari Jadi Ke-429, antara lain menanamkan kecintaan masyarakat Banyumas terhadap batik Banyumasan dan mengenalkan keberadaan taman kota yakni Taman Rekreasi ’Andang Pangrenan’," kata Agus.

-

Arsip Blog

Recent Posts