Jalan Menuju Kawasan Wisata Anyer Rusak Parah

Cilegon - Jalan raya menuju kawasan wisata Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten rusak parah, namun kurang diperhatikan. Padahal, jalan yang menghubungkan Cilegon-Anyer ini merupakan jalur utama menuju kawasan wisata Anyer dan Carita, Kecamatan Labuan, Pandeglang, selain melalui jalur alternatif lewat Cinangka, Serang, dan Pandeglang.

Jalan nasional ini sering rusak, namun terkadang diperbaiki, tetapi daya tahan jalan tidak berlangsung lama karena pengerjaannya tidak berkualitas. Padahal, selain jalur wisata, jalan Cilegon-Anyer itu sering dilalui kendaraan berat berupa truk karena di sekitar kawasan Cigading, Kecamatan Ciwandan, Cilegon terdapat sejumlah pabrik besar.

Berdasarkan pantuan Minggu (24/2), kondisi jalan di wilayah Ciwandan, Cilegon, sangat jelek dan rentan terjadi kecelakaan. Sebab, kondisi jalan berlubang dan kedalaman lubangnya mencapai 30 sentimeter. Bahkan lebih parahnya lagi, sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum di kawasan itu tidak berfungsi.

Pada musim hujan, kondisi jalur wisata itu sangat becek, karena air tergenang di lubang-lubang yang terdapat di badan jalan. Sementara kalau musim kemarau tiba, jalan itu penuh dengan debu sehingga sangat mengganggu pengguna kendaraan.

"Kerusakan jalan ini sudah berlangsung lama dan jarang diperbaiki. Kalaupun diperbaiki, daya tahannya hanya tiga bulan, setelah itu rusak kembali. Padahal, jalan ini merupakan jalur penting menuju kawasan wisata Anyer, namun pemerintah seolah tutup mata terhadap keberadaan jalan ini," ujar Badri, pengendara sepeda motor yang sering melintasi kawasan itu, Minggu (24/2).

Keseriusan pemerintah untuk memperbaiki infrakstuktur jalan sangat lemah. Padahal, berkembang tidaknya kawasan wisata di Anyer, bergantung juga dari akses jalan yang memadai.

Sumber: www.suarapembaruan.com (27 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts