Kemistisan Sungai Kramat Dijadikan Daya Tarik Wisatawan

Batang - Kemistisan Sungai Kramat di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang sampai saat ini masih dipercayai oleh masyarakat setempat memiliki daya linuwih --bagi yang mandi di sungai ini harapannya bisa cepat terkabul--sebaiknya dikelola dan dikemas sebaik mungkin sehingga dapat dijadikan salah satu daya tarik bagi wisatawan Nusantara.

"Walaupun kebenarannya masih diragukan, namun masih ada masyarakat yang percaya mandi di Sungai Kramat dengan harapan apa yang menjadi harapannya terkabul," kata Akhmadi, pengamat pariwisata di Batang ketika dihubungi dari Semarang, Minggu (2/3).

Terlepas ada atau tidak ada daya mistis di sungai ini, yang jelas di tepi Sungai Kramat itu, tepatnya 2 km sebelah selatan Kota Batang ada objek wisata taman hiburan rakyat (THR).

Di lokasi ini, masyarakat Batang sering memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, terutama pada hari libur atau Minggu.

Objek wisata ini juga dilengkapi sarana wisata air perahu bebek, tempat bermain anak dan panggung terbuka.

Selain THR Kramat, objek wisata menarik lainnya yang ada di Batang cukup beragam, misalnya air terjun Genting, Pantai Plabuhan, Pantai Sigandu, dan prasasti Sojomerto, katanya.

Menurut dia, secara umum objek wisata pantai dan pegunungan di Kabupaten Batang, merupakan potensi andalan kabupaten ini untuk menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara berkunjung ke Batang.

"Kabupaten Batang memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) cukup signifikan, karena daerah ini memiliki wilayah pantai, dataran rendah dan pegunungan dengan ketinggian hingga 2.000 meter di atas permukaan laut (Dpl)," katanya.

Karena wilayah pantai dan pegunungan yang ada di daerah ini memiliki pemandangan alam sangat indah, maka wilayah itu bisa dijadikan andalan bagi objek wisata pantai dan pegunungan, katanya.

Salah satu objek wisata pantai di Batang yang sering dikunjungi wisatawan adalah Pantai Indah Ujungnegoro, sekitar 14 km timur laut kota Batang.

Sedangkan Kabupaten Batang merupakan satu di antara 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng, terletak di jalur Pantura atau sekitar 84 km barat Kota Semarang, katanya.

Mengenai objek wisata Pantai Utara Batang Ujungnegoro, katanya, selain pemandangan alamnya indah, satu bagian dari tepi pantainya ada yang memiliki ketinggian 14 meter Dpl.

"Ketinggian tepi pantai yang demikian jarang dimiliki pantai-pantai disepanjang pantai utara Jawa. Pada dataran pantainya yang tinggi itu terdapat `goa Aswotomo` dan sebuah pemakaman kecil, sekaligus petilasan dari Syeikh Maulana Maghribi, salah seorang tokoh penyebar agama Islam," katanya.

Di kawasan Pantai Ujungnegoro ini wisatawan akan melihat keindahan alam cukup eksotis, dan unik. "Di sini kita dapat melihat tanah lot sebagaimana di Pulau Bali. Dimungkinkan pantai yang demikian di Jawa Tengah hanya ada di Ujungnegoro. Jadi, tidaklah berlebihan jika pantai ini dibenahi akan menjadi primadona objek wisata pantai Kabupaten Batang," katanya.

Sumber: Antara (3 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts