Kerinci Ikuti Festival Gendang Asia Tenggara

Jambi - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kerinci akan menampilkan kesenian tradisi Kerinci khas dalam bentuk midle di arena Festival Gendang Asia Tenggara di Malaka, Malaysia, awal April 2011.

"Kami akan menampilkan hampir semua bentuk seni tradisi khas yang menjadi ikon seni budaya Kerinci selama ini dalam bentuk midle atau kolaborasi," kata Kadisbudparpora Kerinci Arlis Harun di Kerinci, Minggu (27/3).

Seni yang ditampilkan dalam midle tersebut adalah kesenian Sike (Seni rampak gendang islami khas Kerinci), Rangguk (seni tari dengan musik marakas khas Kerinci), Asyek (tari tradisi magis dan pengobatan).

Juga seni Tale (seni senandung khas Kerinci), Tambur Kerinci (rampak gendang tambur khas Kerinci), Palahhojanin (seni bersyalawat khas Kerinci), dan Kasidah Rabana.

Pertunjukan midle tersebut digarap oleh tiga komposer-koreografer yakni Sabriana, Eva, dan Risanti.

Saat ini secara teknis persiapannya sudah 100 persen. Seluruh anggota tim panggung berjumlah 25 pemain telah siap bertarung di panggung internasional Malaka pada 8 hingga 14 April mendatang.

-

Arsip Blog

Recent Posts