KRKB Gembiraloka Yogyakarta Sajikan Wisata Edukatif

Yogyakarta - Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembiraloka Yogyakarta merupakan objek wisata keluarga rekreatif dan edukatif yang dapat menambah pengetahuan mengenai berbagai satwa dan tumbuhan.

Humas KRKB Gembiraloka Sri Harti di Yogyakarta, Minggu (24/2), mengatakan, KRKB Gembiraloka memiliki ratusan koleksi satwa mulai dari binatang melata, binatang yang biasa hidup di hutan, maupun binatang yang hidup di air.

"Selain itu, di Gembiraloka juga ada berbagai jenis pohon yang beberapa di antaranya merupakan tanaman langka. Selain difungsikan sebagai hutan kota atau paru-paru kota, koleksi pohon ini juga sebagai sarana belajar bagi siswa sekolah mengenai berbagai jenis pohon," katanya.

Ia mengatakan, KRKB Gembiraloka juga menawarkan berbagai rekreasi yang menarik seperti sepeda air di danau buatan, dan juga ada sejumlah warung makanan khas Yogyakarta.

"Sedangkan di depan atau di sebelah selatan pintu masuk terdapat pasar ikan hias serta berbagai kebutuhan untuk akuarium, baik ikan air tawar maupun air laut," katanya.

Menurut dia, rencananya di KRKB Gembiraloka ini juga akan dibangun Botani sebagai sarana belajar tentang lingkungan hidup.

"Diharapkan nantinya laboratorium ini dapat memberikan nilai tambah atau daya tarik masyarakat untuk berkunjung serta belajar melengkapi keberadaan museum Gembiraloka yang sudah ada sejak beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengakui bahwa sejak beberapa waktu ini minat pengunjung untuk datang ke obyek wisata yang dirintis Sultan Hamengkubuwono VIII pada 1933 itu, terus mengalami penurunan.

"Ada beberapa faktor yang menyadi penyebabnya, di antaranya daya beli masyarakat yang menurun serta adanya isu flu burung juga membuat masyarakat takut datang ke kebun binatang. Sekarang manajemen berusaha mengembangkan wisata minat khusus, sehingga pengunjung akan lebih tertarik sesuai minat yang diinginkan," katanya.

KRKB Gembiraloka yang terletak di Jalan Kebun Raya, Umbulharjo, Kota Yogyakarta ini mudah dijangkau calon pengunjung, karena berbagai jenis angkutan perkotaan hampir semua melintasi jalan tersebut.

Lokasi KRKB Gembiraloka hanya berjarak sekitar empat kilometer dari Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) di Giwangan, Kota Yogyakarta. Dari terminal itu dapat langsung naik bus kota jalur 7 maupun jalur 9, atau dapat pula naik bus patas `Trans Jogja`.

Sumber: www.mediaindonesia.com (25 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts