Lima Negara Ikut Festival Musik Etnis di Bali

Denpasar - Lima negara telah menyatakan ikut ambil bagian dalam festival musik etnis untuk kawasan Asia Tenggara atau ASEAN, menyemarakkan Pesta Kesenian Bali ke-30 pada Juni-Juli 2008 di Denpasar, Bali.

Kelima negara itu meliputi Thailand, China, Vietnam, Malaysia dan tuan rumah Indonesia, khususnya Bali, kata Kasubdis Kesenian Dinas Kebudayaan Propinsi Bali, I Made Santha di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, tuan rumah Indonesia akan menampilkan musik etnis dari Jawa dan Bali, dengan harapan mampu menjadikan aktifitas seni tahunan di Pulau Dewata tersebut lebih meriah dan mengglobal.

Peserta lomba musik etnis dari masing-masing negara itu tidak dibatasi, demikian pula jumlah grup-nya, sehingga jumlah peserta berpeluang meningkat.

"Panitia telah menyusun jadual pementasan musik etnis kawasan ASEAN sedemikian rupa dengan pementasan kesenian lokal dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali," ujar Made Santha.

Disebutkan, pementasan selama satu bulan penuh, Juni-Juli nanti di Taman Budaya Denpasar, akan dilakukan sedemikian rupa sehingga semua aktifitas seni dapat berlangsung dengan baik.

Selain festival musik etnis ASEAN, selama penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) juga digelar festival wayang sedunia dan lima negara telah menyatakan berperanserta.

Masing-masing grup yang beranggotakan 50 seniman itu berasal dari Selandia Baru, Amerika Serikat, Jepang, Inggris dan tuan rumah Indonesia.

Jumlah peserta itu juga tidak tertutup kemungkinan bertambah, karena panitia memberikan kesempatan yang seluas-luasnya hingga sebelum kegiatan dimulai," ujarnya.

Kegiatan bertaraf internasional lain yang tidak kalah penting selama PKB ke-30 berlangsung, yakni peranserta 12 kelompok kesenian dari delapan negara.

Mereka berasal dari Jepang, Amerika Serikat, Singapura, India, Korea Selatan, Thailand, Inggris dan Malaysia. Jepang mengirimkan tiga grup, Amerika Serikat dua grup dan lainnya masing-masing satu grup.

Tim kesenian asing yang ikut dalam kegiatan seni tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya sebanyak 12 grup dari tujuh negara masing-masing Jepang, China, Korea, India, Amerika Serikat, Singapura dan Kanada.

Menurut Santha, grup kesenian mancanegara dalam pementasan di arena PKB selain tampil bersama kelompoknya, juga akan melakukan pementasan kolaborasi dengan seniman setempat.

Kehadiran seniman asing mampu menumbuhkan sikap moral masyarakat dalam bidang berkesenian, yakni membangkitkan gairah masyarakat setempat dalam bidang kesenian, ujarnya.

Sumber: www.antara.co.id (3 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts