Lunturnya Nilai Sejarah Penjara Banceuy

Bandung - Bagi orang Bandung, Jawa Barat, kawasan Banceuy termasuk ikon tempat belanja keperluan rumah tangga hingga factory outlet. Tidak banyak yang menyadari kalau di tempat ini terdapat bekas Penjara Banceuy, situs bersejarah tempat mantan Presiden Soekarno pernah ditahan Belanda. Sayangnya, situs ini telah berubah fungsi, bahkan terkesan tidak terawat.

Selain tidak diurus dengan baik, kepentingan ekonomi telah mengalahkan upaya pelestarian tempat bersejarah. Bayangkan saja, siang malam transaksi bisnis banyak dilakukan di tempat ini dan mengerus nilai sejarah Penjara Banceuy.

Sejarah mencatat, usai membacakan pleidoi Indonesia Menggugat di depan sidang pengadilan setelah ditangkap Belanda pada 29 Desember 1929, Bung Karno ditahan di penjara ini. Delapan bulan ditahan di ruang Blok F nomor lima, Bung Karno dipindahkan ke Penjara Sukamiskin.

Penjara Banceuy memang tidak sekokoh dulu. Tanpa campur tangan pemerintah, bukan tidak mungkin generasi muda tak akan lagi mengenali sejarah bangsanya sendiri.

Sumber: www.liputan6.com (5 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts