Ritual Bakar Tongkang Bakal Meriah

Bagan Siapiapi - Pelaksanaan puncak ritual bakar tongkang dijadwalkan berlangsung pada Juni 2008. Kendati masih terlalu jauh, namun Pemkab Rohil memprediksikan jumlah pengunjung dari manca negara untuk menyaksikan maupun mengikuti ritual bakar tongkang bakal mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pada pelaksanaan ritual bakar tongkang tahun lalu, pengunjung yang datang ke Bagansiapi-api berasal dari tujuh negara. Dan untuk pelaksanaan ritual bakar tongkang tahun 2008 ini, saya prediksikan bakal bisa meningkat bila dibandingkan sebelumnya,” kata Bupati Rohil, Annas Maamun didampingi para tokoh warga Tionghoa, Ang Jok He dan Oliong.

Dijelaskan bupati, ada beberapa faktor pertimbangan yang melatarbelakangi bakal terjadinya peningkatan pengunjung manca negara guna berdatangan ke Bagansiapi-api dalam rangka melihat maupun mengikuti ritual bakar tongkang. Salah satu di antaranya telah ditandai dengan perayaan malam Cap Go Meh yang menjadi puncak ritual terhadap tahun baru Imlek.

“Kita melihat malam Cap Go Meh itu, jumlah pengunjung yang datang ke Bagansiapi-api cukup banyak. Dan saya memprediksikan, pada ritual bakar tongkang nanti, jumlah pengunjung yang datang ke Bagansiapi-api juga bakal bertambah banyak. Apalagi, bakar tongkang itu selain merupakan ritual milik warga Tionghoa juga sudah termasuk dalam agenda kalender wisata,” kata Maamun.

Mengingat diprediksikan bakal mengalami peningkatan jumlah pengunjung, namun semua pihak diingatkan untuk segera melakukan koordinasi terutama dalam menyediakan tempat-tempat untuk penginapan. Alasannya, setiap pelaksanaan ritual bakar tongkang dilaksanakan, semua tempat penginapan penuh terisi dan menyebabkan tidak sedikit dari pengunjung yang ditampung di rumah-rumah penduduk serta kelenteng-kelenteng yang ada di Bagansiapi-api.

“Sekarang ini, ada satu hotel yang sedang dibangun oleh kalangan pengusaha di kota Bagansiapi-api. Dan kita perlu melakukan koordinasi guna dapat menyediakan tempat bagi pengunjung untuk menginap. Kondisi ini sama seperti yang akan dilaksanakan tahun lalu. Dan Ini semua dimaksudkan untuk mengatasi masalah keterbatasan tempat penginapan itu,” kata Annas.

Sumber: www.riaupos.com (3 Maret 2008)
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign