Rusli Minta Daerah Tidak Sporadis Tentukan Wisata Andalan

Pekanbaru - Daerah kabupaten/kota se Riau diminta tidak sporadis mengajukan potensi wisata di daerahnya. Selain menekankan daerah fokus dan profesional dalam membangun potensi wisata, gubernur Riau Rusli Zainal menilai wisata Riau akan mempercepat perwujudan Visi Riau 2020.

"Seperti diketahui, wisata berada diurutan ke dua disamping sektor lainnya. Untuk memperoleh multi efek dari wisata ini maka kita mengadakn rakor dengan berbagai pihak se Riau. Kita minta daerah jangan sporadis menentukan sektor wisatanya. Saat ini kita hanya minta daerah menentukan satu potensi wisata di daerahnya," ujar Rusli Zainal kepada wartawan usai mebuka Rakor Kebudayaan dan Pariwisata se Provinsi Riau, Kamis (28/02) di Pekanbaru.

Rusli juga menganjurkan setiap daerah mengelola wisata yang ada di daerahnya dengan profesional. Tindak lanjut agar wisata tersebut mencapai target yang diinginkan, menurut Rusli, perlu penanganan serius baik secara fisik maupun moril. Seperti pembenahan infrastruktur dan menjaga nilai-nilai moril masyarakat Melayu yang dikenal dengan keramahannya.

"Agar potensi wisata ini terwujud dan mencapai tujuan yang kita inginkan, dalam pengelolaan wisata ini kita harap daerah menggunakan konsultan atau tenaga ahli di bidangnya. Karena Riau telah punya komitmen politik untuk mewujudkan provinsi Riau sebagai pusat kebudayaan dan perekonomian di Asia Tenggara pada 2020," ujar Rusli.

Sumber: Riau Info (29 Februaru 2008)
Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign