Tarung Penyair Panggung Asia Tenggara

Tanjungpinang, Kepri - Memperingati HUT Walikota Tanjungpinang Hj Suryatati A Manan, akan diadakan ‘Tarung Penyair Panggung’ pada 14-17 April 2011. Acara dilaksanakan untuk memberikan penghargaan atas dedikasi Hj Suryatati A Manan terhadap kesusastraan, khususnya puisi. Selain untuk menggairahkan tradisi pemanggungan puisi yang unggul, inovatif, dan kreatif serta wahana silaturahmi penyair se-Asia Tenggara.

Koordinator Lomba Ahmadun Y Herfanda mengemukakan hal tersebut dalam siaran pers yang diterima Redaksi KR, Kamis (24/3). Menurutnya kegiatan yang akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Aisyah Sulaiman Tanjungpinang, memperebutkan uang pembinaan bagi juara I- III dan 3 finalis unggulan senilai Rp 39 juta tersebut, juga diisi dengan berziarah ke Makam Raja Ali Haji.

Dikatakan Ahmadun, Tarung Penyair Panggung merupakan semacam lomba pemanggungan puisi secara bebas, menarik, inovatif, dan kreatif. “Ini terbuka bagi warga negara di Asia Tenggara yang berusia 17 tahun ke atas. Telah mempublikasikan puisi baik dalam bentuk buku, pemuatan di media massa cetak dan digital maupun di panggung baca puisi. Kegiatan ini tidak membedakan peserta laki-laki dan perempuan,” jelasnya. Kegiatan dilaksanakan dalam dua babak dimana menurutnya babak penyisihan untuk memilih 15 peserta terbaik yang berhak ikut dalam final.

Untuk mengikuti ‘Tarung Penyair Panggung’ peserta dapat mendaftar melalui email penyairpanggung@gmail.com yang di CC ke asrizalnur_2005@yahoo.co.id, dan ahmadun.yh@gmail.com. Dalam pendaftaran ini peserta wajib melampirkan bukti karya puisi yang telah dipublikasikan, berupa hasil scan sampul buku kumpulan puisi, scan kliping koran/majalah yang memuat karyanya, VCD, atau scan foto pementasan baca puisi, serta scan kartu identitas diri (SIM atau KTP), biodata kepenyairan dan photo diri. “Tanda bukti karya tersebut dilampirkan (di-attach) dan dikirimkan melalui email pada saat mendaftar ke alamat email tersebut,” jelas Ahmadun.

Dijelaskan, selain tanda bukti tersebut, peserta juga wajib mengirimkan (melampirkan) 3 (tiga) puisi karya sendiri yang akan dipanggungkan melalui email tersebut di atas, paling lambat tanggal 5 April 2011. Puisi-puisi karya peserta akan dibukukan oleh panitia. Menurutnya, setelah sampai di tempat Tarung Penyair Panggung, peserta wajib mendaftar ulang dengan mengisi formulir yang telah disediakan Panitia. “Pada saat mendaftar ulang, peserta wajib menyerahkan bukti karya dalam bentuk aslinya, baik berupa buku kumpulan puisi, kliping koran/majalah yang memuat karyanya, VCD, atau foto pementasan baca puisinya,” ungkapnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts