Bandung Tuan Rumah Silahturahmi Raja dan Sultan Nusantara

Bandung, Jabar - Kota Bandung dipercaya menjadi tuan rumah Silahturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan se-Nusantara. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai 25-26 Juni 2011 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Ketua Umum Silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat mengatakan kegiatan ini yang kedua kalinya digelar. Sebelumnya, Silatnas Raja dan Sultan Nusantara dilaksanakan di Jakarta pada 2009.

"Nanti acara ini dihadiri 220 raja dan sultan serta 80 permaisuri. Juga ada 500 undangan," kata Arief disela rapat persiapan kegiatan tersebut di kantor Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat, Jalan Martadinata, Kota Bandung, Rabu (13/4/2011).

Arief menambahkan, acara skala nasional ini akan dihadir juga 500 undangan. "Rencananya kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono," jelas Arief.

Ia menjelaskan saat Silatnas Raja dan Sultan Nusantara pada 2009 lalu menghasilkan lima rekomendasi. Hasilnya antara lain keberadaan raja dan sultan harus diakui karena mereka pernah terlibat dalam proses kemerdekaan RI, pemahaman terhadap kerajaan dan kesultanan meski ditingkatkan karena saat ini mulai luntur di masyarakat, serta mengembalikan kejayaan raja dan sultan nusantara yang dikenalkan di tingkat sekolah.

"Kalau bisa masuk kurikulum di sekolah. Selama ini pelajar masih banyak yang tidak kenal raja dan sultan di nusantara," ujar Arief.

-

Arsip Blog

Recent Posts