Bangka Belitung Promosi Pariwisata Secara `Mobile`

Bangka Belitung- Pengurus Badan Pengembangan Promosi Pariwisata Daerah (BP3D) provinsi kepulauan Bangka Belitung, mempromosikan pariwisata wilayahnya secara mobile dengan mengoperasikan bus pariwisata bertuliskan "Ayo Tamasya ke Bangka" di Jakarta.

Sekretaris badan pariwisata itu, Ardyono Soeyono, di Pangkalpinang, Selasa mengatakan, bus tersebut secara rutin akan mengelilingi Jakarta dengan membawa brosur tentang pariwisata Bangka Belitung.

"Mobil itu efektif dalam mengenalkan potensi dan objek wisata serta menggugah warga Jakarta untuk menjadikan Babel sebagai alternatif berwisata," ujarnya.

Mobil berupa bus mewah itu bergambarkan maskot Mentilin, satwa langka yang merupakan khas daerah Bangka Belitung.

Upaya promosi Bangka Belitung juga dilakukan badan tersebut dengan memasang iklan di majalah "travel". Secara periodik potensi obyek wisata dan keindahan alam Bangka Belitung dimuat di majalah itu.

Di TV swasta juga seringkali ditayangkan tentang keunikan provinsi serumpun sebalai itu termasuk di bidang kuliner.

"Kamar hotel terisi (occupancy rate) di atas 90 persen begitu juga di pesawat. Babel jadinya makin dikenal, sebagai satu daerah tujuan wisata alternatif," katanya.

Data Dinas Pariwisata Bangka Belitung menyebutkan, jumlah wisatawan asing ke Bangka selama 2006 sebanyak 1.700 orang, sedangkan wisatawan nusantara 74 ribu lebih.

Sumber: www.kapanlagi.com (10 November 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts