“Cinderella” Versi Jawa di Minnesotta

New York, AS - Mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Minnesotta, Amerika Serikat, menampilkan opera mirip cerita klasik "Cinderella", yaitu dengan mengusung kisah "Bawang Putih" dalam Festival Indonesia yang berlangsung di University of Minnesotta di negara bagian Minneapolis baru-baru ini.

Menurut keterangan Konsulat Jenderal RI di Chicago yang diterima ANTARA, Rabu, dalam festival yang dibanjiri sekitar 1.000 orang itu para mahasiswa Indonesia mementaskan opera Jawa dengan judul "Bawang Putih: A Javanese Cinderella Story".

Opera dimainkan dalam Bahasa Inggris dan diselingi tarian Jawa "Ratna Sari" serta upacara adat perkawinan Sumatra Barat.

Upacara perkawinan itu dilakonkan lengkap dengan pakaian-pakaian adat tradisional dan menjadi latar cerita Bawang Putih yang pada akhir kisahnya diceritakan menikah dengan Sang Pangeran yang berasal dari Amerika Serikat.

Pementasan "Bawang Putih: A Javanese Cinderella Story" merupakan puncak acara festival yang digelar akhir pekan lalu oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di AS, Permias Minnesotta, kelompok seni budaya Indonesia "Sumunar" dan masyarakat Indonesia di Minnesotta dengan dukungan KJRI Chicago dan KBRI Washington DC.

Festival bertajuk "Indonesian Art and Cultural Festival" itu sendiri berlangsung sepanjang siang hingga malam hari, menampilkan berbagai kegiatan terkait seni budaya Indonesia, dari pertunjukan tarian tradisional Indonesia, demonstrasi membatik hingga pelatihan memainkan gamelan dan membuat wayang.

Para pengunjung yang membanjiri festival juga berkesempatan mampir ke beberapa ruang promosi, antara lain promosi makanan ringan Indonesia, batik dan kerajinan tangan Indonesia, permainan anak-anak Indonesia, cerita rakyat Indonesia, promosi Bahasa Indonesia serta pameran lukisan karya dua pelukis yaitu Toto Sugiarto dan Munir Kahar.

Festival juga dimeriahkan dengan pertunjukan gamelan Jawa, tari-tarian tradisional Indonesia dan pertunjukan Wayang Kulit oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat Minnesotta yang tergabung dalam kelompok "Sumunar Gamelan Ensemble".

Sebagian anggota Gamelan Sumunar merupakan profesor-profesor pemerhati Indonesia yang pernah studi atau mengajar di Indonesia.

Sejumlah mahasiswa setempat dan mahasiswa asing yang sedang menempuh studi di University of Minnesotta juga memperlihatkan kemahiran mereka bermain gamelan.

Pada festival itu, mereka bermain musik gamelan Jawa dan tampil melalui kelompok "University of Minnesotta Gamelan Students".

-

Arsip Blog

Recent Posts