Danau Tirta Gangga Grand Opening

Seputihbanyak - Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. mengharapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng), Lampung, menjadikan kawasan wisata Danau Tirta Gangga yang berada di Kecamatan Seputihbanyak, Lamteng, menjadi objek wisata menarik. Selain lokasinya yang strategis, nuansa pariwisata begitu kental dengan kondisi alam yang khas dan budaya yang unik. Hal tersebut diungkapkan Sjachroedin saat membuka parade musik rock community di kawasan danau tersebut belum lama ini. “Karenanya, Pemkab Lamteng harus lebih serius dalam mewujudkan kawasan ini sebagai pusat kunjungan wisata atau rekreasi. Apalagi keunikan kawasan ini merupakan kawasan yang berdekatan dengan warga yang berasal dari Pulau Bali dengan adat istiadat yang menarik,” katanya.

Lanjut Oedin sapaan akrab Sjachroedin, kucuran dana dari APBN untuk pembangunan kawasan wisata tersebut sudah dilakukan. “Dana dari APBN tahun 2007 ini dikucurkan sebesar Rp750 juta untuk pembangunan di Danau Tirta Gangga. Pelaksanaanya sudah nampak dari pembangunan talud yang mengelilingi sekitar kawasan danau. Ke depannya, Pemkab Lamteng harus dapat melanjutkan pembangunan fasilitas pendukung lainnya, mulai dari lokasi penginapan, perahu untuk mengelilingi kawasan danau, dan sarana bermain lainnya. Harapannya, para pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati liburan dan hiburan bersama dengan keluarganya,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Kantor Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga (Parsenibudpora) Lamteng I Ketut Nuryadhi, S.E. mengungkapkan bahwa Pemkab Lamteng terus berupaya untuk mewujudkan Danau Tirta Gangga sebagai salah satu tujuan wisata andalan di Lampung, khususnya di Lamteng. “Sesuai dengan arahan Bupati Lamteng Andy Achmad Sampurna Jaya, kawasan Danau Tirta Gangga memang akan diwujudkan menjadi salah satu objek wisata andalan Lamteng. Karena itu, setiap tahunnya Pemkab Lamteng terus berupaya melakukan pembangunan dan pembenahan di kawasan danau yang memiliki luas sekitar 174 hektare lebih itu,” terangnya.

Selain itu, usulan menjadikan Danau Tirta Gangga menjadi kawasan wisata terpadu juga sudah diusulkan ke pemerintah pusat. “Kita juga sudah mengajukan usulan kelengkapan fasilitas pendukung pada pemerintah pusat, yakni melalui Kementerian Pariwisata. Sehingga, rencana kami, bulan Desember 2007 ini, Grand Opening kawasan wisata Danau Tirta Gangga dapat terwujud,” tandasnya

Sumber: http://radarlampung.co.id (28 Juni 2007)
-

Arsip Blog

Recent Posts