Dinas Pariwisata Sumsel Gelar Festival Barongsai

Palembang - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar Festival Barongsai di Pulau Kamaro pada 18 - 21 Februari 2008.

`Festival Barongsai digelar untuk menyemarakkan perayaan Cap Go Meh dan tahun kunjungan wisata ke Sumsel atau `Visit Musi 2008`," kata Kadisbudpar Sumsel, Rakhman Zeth di Palembang, Sabtu.

Menurut Rakhman, pada perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Palembang setiap tahunnya dikunjungi ratusan warga keturunan Tionghoa dari sejumlah daerah di dalam negeri dan luar negeri seperti Singapura dan Taiwan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung di salah satu objek wisata yang berada di sekitar kawasan Sungai Musi itu, katanya.

Selain Festival Barongsai, sesuai denga agenda kegiatan Visit Musi 2008 juga akan digelar pertunjukan Budaya Kabupaten OKU Selatan pada 23 - 24 Februari dan Pameran Hortikultura pada 24 - 29 Februari 2008.

Kemudian pada Maret 2008 akan dieglar Festival Masakan Nusantara antar paguyuban di objek wisata sejarah Benteng Kuto Besak Palembang pada 2 - 3 Maret 2008, Festival Musik Gambus dan Parade Beduk dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang direncanakan berlangsung pada 21 - 22 Maret, katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya setelah dilakukan launching Visit Musi pada 5 Januari 2008 lalu, pihaknya telah melaksanakan Pawai Kendaraan Hias menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1429 Hijriyah, Festival Lagu Antar Paguyuban se-Sumsel pada 21 - 23 Januari dan Pagelaran Budaya Kabupaten Banyuasin pada 26 - 27 Januari 2008.

"Sesuai dengan agenda Visit Musi, di sepanjang tahun 2008 ini dijadwalkan 75 kegiatan yang diharapkan dapat memberikan kesan kepada setiap wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Sumsel yang setiap tahunnya rata-rata 500 ribu orang," tambahnya.

Sumber: www.mediaindonesia.com (18 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts