Dukung Babel Archi 2010

Pangkalpinang - Sebanyak 90.000 wisatawan ditargetkan Dinas Perhubungan dan Pariwisata Bangka Belitung (Babel) tahun ini. Target tersebut naik sebanyak 4.000 orang dari pencapaian tahun sebelumnya.

Kasubdin Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Dinas Perhubungan dan Pariwisata Babel Nadirsyah mengatakan, penetapan target tersebut mengingat banyaknya kegiatan kalender nasional yang akan diselengarakan di Babel.

Terdapat lima kegiatan yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini, seperti festival serumpun sebalai, festival barongsai, lomba gasing, pemilihan duta wisata serta pameran penyelenggaraan seni se Sumatera. Selain itu sudah digelar lomba voli pantai yang bertaraf internasional.

Tahun 2007, ada 86.000 wisatawan asing, nasional maupun lokal yang terdata mengunjungi Babel. Sedangkan tahun 2006, wisatawan yang datang ke Babel mencapai 72.595 orang.

“Tahun 2007 ada peningkatan, sedangkan tahun 2008 mendatang kita prediksikan akan lebih meningkat lagi,” jelas Nadirsyah kepada Bangka Pos Group, Selasa (5/2).

Target yang diusung Dinas Perhubungan dan Pariwisata ini, menurut Nadirsyah bukanlah sesuatu yang muluk-muluk. Sebab ini berkaitan dengan program Departemen Kebudayaan dan Pariwisata yang menargetkan sebanyak 7 juta wisatawan baik itu nasional maupun asing masuk ke Indonesia.

“Selain mendukung program pusat, kita juga menindak lanjuti program dari gubernur tentang visit Babel archi 2010, apalagi daerah kita sangat berpotensi untuk itu,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan Babel Archi 2010, Nadirsyah menjelaskan, masih perlu adanya pembenahan infrastruktur. Dalam persoalan ini, yang perlu menjadi perhatian di antaranya, pintu masuk wisatawan seperti bandara dan pelabuhan. Selain itu masih ada beberapa fasilitas lainnya yang mesti ditingkatkan.

“Soal listrik juga perlu kita pikirkan. Untuk promosi, kami bekerja sama dengan Badan Pembina Pengembang Pariwisata daerah, Travel, Masyarakat Pariwisata Indonesia, serta maskapai dan dinas-dinas terkait,” ujarnya.

Sumber: BangkaPos Cybermedia (8 Februari 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts